RABU , 22 AGUSTUS 2018

Paspor Dicabut, La Nyalla tak Punya Kewarganegaraan

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Senin , 11 April 2016 15:25
Paspor Dicabut, La Nyalla tak Punya Kewarganegaraan

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM–La Nyalla Mattalitti Imigrasi RI secara resmi mencabut paspor La Nyalla Mattalitti. Itu berarti, La Nyalla berstatus stateless alias tak punya kewarganegaraan.

“La Nyalla sudah dicabut paspornya kita juga sudah buat surat kepada beberapa Dubes yang berada di negara ASEAN untuk penjelasan bahwa paspornya dicabut,” jelas Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/4).

Dengan paspor dicabut, maka La Nyalla tak bisa bepergian kemana-mana. Yang mungkin dia lakukan ke KBRI Singapura melapor.

Ronny juga menerangkan, saat keluar Indonesia, status La Nyalla belum berstatus dicegah. “Apakah imigrasi bisa menahan WNI ketika yang bersangkutan masih berstatus bebas tidak dimintakan oleh aparat penegak hukum untuk dicegah ke luar negeri? Itu kan HAM, ya tidak bisa,” jelas Ronny.

Menurut Ronny, kalau penyidik dari kejaksaan menyatakan bocor, perlu dicari tahu siapa yang membocorkan. “Bukan kebocoran, kan tidak ada kompetensi, kewenangan dari Imigrasi. Kan Imigrasi bukan penegak hukum untuk kasusnya La Nyalla. Kan La Nyalla tidak ada kasus imigrasinya, kita bantu penyidik dengan cara ya kita lakukan pencegahan,” tegas dia.

“Penarikan paspor untuk memudahkan yang bersangkutan kembali ke Indonesia. Itu bantuan yang sangat kuat mudah-mudahan bisa memudahkan yang bersangkutan kembali ke Indonesia,” tutupnya. (*)


div>