SELASA , 12 DESEMBER 2017

Patabai Sebut IYL Representasi Karakter Bugis-Makassar

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Selasa , 31 Oktober 2017 18:15
Patabai Sebut IYL Representasi Karakter Bugis-Makassar

Andi Patabai Pabokori (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Andi Patabai Pabokori ikut angkat bicara mengenai konstalasi Pilgub Sulsel. Baginya, sangat penting mengingatkan para calon pemimpin untuk tidak menggadaikan jati diri orang Sulsel.

“Taro ada taro gau, itu bukan hanya pesan leluhur kita. Tapi di Danrem TNI di Sulsel sekalipun, itu juga dijadikan sebagai motto kepada prajurit. Artinya, begitu berharganya sebuah komitmen yang harus dijunjung tinggi,” kata Patabai, Selasa (31/10).

Dalam kondisi sekarang, lanjut mantan Bupati Bulukumba ini, jati diri orang Bugis-Makassar yang satu kata, satu perbuatan, itu juga dijunjung tinggi oleh Ichsan Yasin Limpo (IYL). Ia menilai, IYL teguh dalam mempertahankan komitmen dan konsistensinya.

“Sebagai orang Bugis-Makassar, jujur saya merasa terharu atas sikap yang ditunjukkan Punggawa (julukan yang disematkan ke IYL). Itulah jati diri sesungguhnya orang Bugis-Makassar, taro ada, taro gau. Kalau boleh saya bilang, karakter pemimpin seperti itu sudah langka dimiliki,” jelasnya.

Menurutnya, dirinya mengenal IYL sejak menjadi Bupati Gowa lalu. Ia menilai IYL sebagai pemimpin yang tegas, dan mampu mencari jalan keluar.

Bahkan, ia menganggap Ichsan sebagai pemimpin yang tidak plin-plan, dan mudah terlena dengan iming-imingan. Itu sebabnya, ia tidak heran saat mendengar Punggawa berkomitmen tidak mengikuti jejak Nurdin Abdullah yang mengganti Tanribali Lamo.

“Ketegasan Pak Ichsan itu tidak diragukan. Tidak suka plin-plan dalam bersikap. Kalau beliau sudah bilang merah, maka jangan harap berganti warna. Itulah karakter dan jati diri beliau. Makanya, kita dambakan pemimpin seperti ini di Sulsel,” ungkapnya.


div>