SELASA , 23 OKTOBER 2018

Patahuddin Sebut Hasil Survei IPI Pesanan

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 19 Juni 2018 15:00
Patahuddin Sebut Hasil Survei IPI Pesanan

ILUSTRASI

LUWU, RAKYATSULSEL.COM – Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) telah melakukan survei kepada dua pasangan calon bupati Luwu, Basmin Mattayang-Syukur Bijak dengan Patahuddin-Emmy Tallesang.

Dalam riset yang melibatkan 1212 responden tersebut, Basmin-Syukur unggul telak dengan elektabilitas 63,2%. Sementara pesaingnya, Patahuddin-Emmy Tallesang hanya mampu menggaet elektabilitas sebesar 25,7%. Sisanya 11,1% belum menentukan pilihan.

Bahkan keunggulan pasangan nomor satu ini juga tampak pada top of mind atau elektabilitas terbuka. Dimana Basmin-Syukur menjadi pasangan top of mind 57,5% responden. Sementara pasangan Patahuddin-Emmy Tallesang menjadi top of mind 23,9% responden.

Begitipula dengan strong voters Basmin-Syukur juga teramat tinggi, mencapai 50,8%. Sementara strong voters Patahuddin-Emmy Tallesang hanya 13,1%.

Menanggapi hal tersebut, Patahuddin tidak mepercayai hasil survei yang dikeluarkan oleh IPI. Dimana menurut politisi Golkar tersebut merupakan survei pesanan.

“Saya tidak percaya survei itu. Karena sebelumnya surveinya ( Basmin-Syukur) dibawa sehingga melakukan survei ulang dan yang didatangi itu orang-orangnya sendiri,” katanya saat dikofirmasi.

Kandidat nomor satu ini menyebutkan, jika adanya hasil survei tersebut merupakan kekawatiran lawanya agar orang yang disekitanya berbangga-bangga.

“Kalau rilis itu ketakutan, itu memabangun opini, kalau dia menang pasti diam-diam dan mejaga ektabilitasnya agar lawanya tidak bergerak,” ujarnya.

Patahuddin juga menyebutkan jika pihaknya tidak ingin merilis dengan alasan dirinya masih tinggi dibanding rivalnya dan optimis bisa menang pada saat pemilihan mendatang. “Dari awal saya sangat optis saya memiliki hitungan ilmiah,” jelasnya.

Adanya rilis yang dikeluarkan oleh IPI, Basmin belum mengetahui hal tersebut, namun menurutnya itu merupakan kesyukuran dimana masyarakat Luwu lebih dirinya ketimbang Patahuddin-Emmy.

“Alhamdulillah kita bersyukur kalau ektabilitas kita tinggi,” katanya.

Namun dirinya tidak ingin terlena dengan hasil survei tersebut. mengingat masih ada waktu untuk bekerja agar bisa melampau hasil survei yang dirilis oleh IPI. “Survei ini merupakan penyemangat untuk bekerja agar kita bisa menang mutlak, Jangan sampai ada kecurangan,” jelasnya. (*)


div>