MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

PD Parkir Gandeng TNI – Polri Tertibkan Jukir Liar

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Selasa , 05 Juni 2018 14:15
PD Parkir Gandeng TNI – Polri Tertibkan Jukir Liar

Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Muh Irianto Ahmad

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – PD Parkir Makassar Raya mulai meningkatkan pengawasan terhadap juru parkir (jukir) liar yang kerap beraksi disejumlah pusat perbelanjaan jelang lebaran. Apalagi penarikan retribusi parkir diluar ketentuan yakni berkisar Rp 10 ribu per motor.

Hal ini, juga menyusul temuan Polres Pelabuhan beberapa waktu lalu yang berhasil mengamankan puluhan jukir liar di sekitaran Pasar Butung lantaran menaikkan tarif parkir hingga Rp20.000 untuk kendaraan roda empat.

Direktur Utama (Dirut) PD Parkir, Irianto Ahmad mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Tim terpadu yang telah dibentuk baik dari TNI-Polri yang saat ini sudah bekerja.

“Ada tim terpadu kami yang secara terpadu baik internal dari Satpol PP dan Dishub, ada eksternal dari TNI-Polri dan Tripika, yang dilibatkan mengawasi semua jukir-jukir liar,” ucap Irianto.

PD Parkir juga sangat mengapresiasi pihak kepolisian Pelabuhan, yang telah mengamankan jukir liar yang beroperasi di Pasar Butung beberapa waktu lalu, dan melakukan pungli.

“Saya kira tindakan kepolisian terhadap jukir liar yang memungut tarif parkir diluar ketentuan sangat kami dukung. Olehnya itu ke depan, kita akan hadirkan sitem parkir berbasis IT,” jelas Irianto.
Terpisah, Dirops PD Parkir, Syafrullah mengatakan, telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk membackup pemerintah kota menertibkan jukir nakal.

Lanjutnya, ada beberapa titik yang dinilai rawan terjadi pungli oleh jukir liar. Misalnya, Pasar Sentral, Pasar Butung dan Monalisa. Sementara, untuk Mall Panakkukang dan M’Tos, menurut dia minim terjadi pungli hanya saja tatanan perparkiran yang perlu di perbaiki kembali.

“Ada tambahan personel, selain itu dari TNI/Polri juga kita turunkan. PD Parkir kita turunkan itu cuma dua sampai tiga orang satu tim itu mobile, tapi jelang lebaran ini jumlahnya kita tambah, bisa sampai puluhan satu tim,” jelasnya.

Dia juga meminta kepada masyarakat yang menemukan jukir yang menaikkan tarif hingga berkali-kali lipat, agar segera melaporkan ke PD Parkir maupun ke kepolisian. (*)


div>