KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

PD Parkir Kewalahan Tertibkan Jukir Nakal

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Kamis , 12 April 2018 12:30
PD Parkir Kewalahan Tertibkan Jukir Nakal

PROGRAM SMART PARKING. Ratusan motor terparkir di kawasan Panakukang, belum lama ini. Dok, RAKYATSULSEL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – PD Parkir Makassar Raya terkesan tak mampu mengatasi Juru Parkir (Jukir) nakal. Upaya penertiban dari PD Parkir hanya sebatas ancaman saja dan tidak memberikan efek jera. Sejumlah ruas jalan larangan parkir tetap ditongkrongi jukir bandel.

Seperti yang terlihat di depan kantor BPJS Kesehatan Jl AP Pettarani, PD Parkir sudah berjanji bakal menertibkan parkir liar di area ini. Sayangnya, rencana itu nihil. Kendaraan roda dua masih terlihat terparkir di area itu.

Sri mengatakan, pihaknya telah melakukan peneguran ke jukir namun jukir cerdik memberi alasan ke PD Parkir. “Susah karena pengunjung BPJS banyak. Mau larang susah,” ujar Humas PD Parkir Makassar Raya, Sri Suhartini.

Namun, Ia menegaskan, pihaknya sama sekali tak pernah menarik retribusi dari parkir tepi jalan. Hanya di pelataran saja. “Kita hanya imbau masyarakat agar tak memberikan uang kepada jukir tanpa karcis dan id card,” tutur Sri.

Sementara itu, perseteruan jukir dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar di Jl Dr Sam Ratulangi beberapa waktu lalu diakui Sri adalah kesalahan jukir.

Menurut Sri, Jl Sam Ratulangi masuk ke dalam lima ruas jalan larangan parkir di tepi jalan yang diatur dalam Perwali Nomor 64/2011. Sementara Ruas lainnya, yakni Jl AP Pettarani, Jl Urip Sumoharjo, Jl Sultan Alauddin, dan Jl Ahmad Yani.

“Seharusnya (tepi Jl Sam Ratulangi) memang tidak boleh. Kita sudah koordinasi dengan Dishub. Jukir juga sudah minta maaf,” ucap Sri, Rabu (11/4) kemarin.

Ia mengatakan bahwa Jukir yang bermasalah dengan Pihak Dishub Kota Makassar sebenarnya Jukir yang memiliki izin parkir di pelataran Rumah Makan Pak Ndut. “Kita (PD Parkir) tidak ada pungutan di tepi Jl Ratulangi,” ucap Sri.

Namun, meski demikian, tak ada penindakan dari PD Parkir hingga kini, sehingga Jukir bandel masih bebas beroperasi di Jl Dr Sam Ratulangi tersebut. (*)


div>