SENIN , 19 FEBRUARI 2018

PDAM Makassar-ITB Jalin Kerja Sama

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 14 Juni 2017 13:33
PDAM Makassar-ITB Jalin Kerja Sama

Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Haris Yasin Limpo.

BANDUNG, RAKYATSULSEL.COM – Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar Haris Yasin Limpo menandatangani perjanjian kerja sama dengan Direktur Utama PT LAPI Indowater Institut Teknologi Bandung (ITB) Abdul Azis Jayaputra, di Bandung, Senin (12/6) kemarin.

Penandatanganan naskah kerja sama disaksikan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto bersama sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Keduanya bersepakat kerja sama di bidang teknologi pengelolaan air, peningkatan kapasitas, kualitas, dan kontinuitas air bersih melalui peningkatan kinerja instalasi dan perbaikan operasional teknis distribusi.

“Target kerja sama ini untuk pemenuhan 3K dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2019,” kata Haris YL diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (14/6).

Ada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan SDGs dengan 169 kelompok sasaran yang terintegrasi dan tak terpisahkan satu dan lainnya. Salah satu dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan adalah memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan.

Adanya kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan pelayanan PDAM Makassar sehingga target 3K dan SDGs 2019 dapat tercapai.

Di tahun 2016 lalu, PDAM Makassar menargetkan cakupan layanan masyarakat hingga 72 persen dengan melakukan penambahan jumlah cakupan pelanggan air bersih hingga 10 ribu dari 70 ribu unit rumah yang masuk dalam daftar tunggu.

[NEXT-RASUL]

Di tahun yang sama, PDAM Makassar melakukan penambahan pipa jaringan baru di wilayah timur dan utara kota dengan panjang kurang lebih 3 km sehingga panjang pipa jaringan PDAM menghampiri 4 juta km untuk melayani masyarakat pelanggan air.

Saat ini PDAM Makassar memiliki jumlah pelanggan sekira 169 unit rumah dengan jumlah debit air kurang lebih 2.950 liter per detik dari lima instalasi yang ada. Di tahun 2017, PDAM Makassar menargetkan 75 persen hingga 80 persen masyarakat terlayani air bersih. (***)

 


div>