SABTU , 23 JUNI 2018

PDAM Makassar Kehilangan 3 Juta Kubik Air

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Senin , 12 Maret 2018 11:15
PDAM Makassar Kehilangan 3 Juta Kubik Air

Humas PDAM Makassar, Muh Idris Tahir. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar mulai melakukan pergantian pipa tua yang kerap bocor dan merugikan PDAM Makassar. Terakhir PDAM Makassar kehilangan sekira 3 juta kubik lantaran pipa tua mengalami kebocoran.

“Yang dimaksud kita kehilangan 3 juta kubik itu tidak bisa dipungkiri karena memang ada datanya, tetapi kehilangan air itu ada teknis dan non teknisnya,” ujar Humas PDAM Kota Makassar, Muh Idris Tahir.

Ia menjelaskan, kehilangan air dialami karena adanya kebocoran yang terjadi di pipa lama yang tidak bisa terdeteksi, sehingga bocornya sulit didapatkan dan ditindak dengan cepat.

Lanjut Muh Idris Tahir, untuk faktor non teknis itu berasal dari meteran pelanggan yang perlu diganti. Sehingga perkiraan dari PDAM tidak sesuai meteran yang berada di pelanggan.

“Misalnya saja pelanggan pakai air 20, kita taksasi hanya 5 karena meterannya rusak dan semacamnya. Jadi kehilangan air itu diseluruh kota makassar, bukan di satu titik, karena ada sekira 3 juta km yang tertanam dan itu pipa tua,” lanjutnya.

Ia menyebutkan anggaran pergantian pipa sekira Rp 100 miliar termasuk penambahan jaringan pipa baru dan pergantian pipa. “Perbaikan pipa sendiri itu sekira Rp 90 miliar, dan penambahan jaringan sekira Rp 50 miliar,” jelas Muh Idris Tahir. (*)


div>