MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

PDAM Pinrang Terapkan Sistem Payment Online

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 06 Maret 2017 21:55
PDAM Pinrang Terapkan Sistem Payment Online

Direktur PDAM Pinrang A Nasrun (kiri) dan Direktur Trisari Group Rudi Hartono. foto: luki amima/rakyatsulsel.

PINRANG, RAKYASULSEL.COM –  Dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pinrang kini menerapkan sistem payment (pembayaran) berbasis online. Hal tersebut, merupakan inovasi yang dilakukan PDAM untuk memudahkan pelanggan, dalam melakukan pembayaran tagihan air pelanggan. Inovasi tersebut, dilakukan dengan bekerja sama dengan Trisari Group, melalui sistem Payment Point Online Bank (PPOB)

Direktur PDAM Pinrang, A Nasrun, mengatakan, terobosan tersebut merupakan satu-satunya dan pertama diterapkan, khususnya dalam lingkup wilayah Ajatappareng. Dengan penerapan sistem payment online tersebut, pembayaran dapat secara cepat tertagih dengan kontrol sistem keuangan yang tepat, dan transparan. “Penerapannya dengan metode host to Host pada billing sistem PDAM,” katanya, Senin (6/3).

Nasrun mengklaim, secara teknologi inovasi tersebut menempatkan PDAM Pinrang, sejajar dengan PDAM besar yang ada di Sulawesi. Melalui inovasi tersebut, katanya, juga akan membuat loket-loket PDAM semakin banyak, yang sebelumnya hanya terbatas di Kantor PDAM dan, dan Ibu Kota Kecamatan (IKK).

“Sehingga pelanggan akan semakin mudah untuk melakukan pembayaran dengan sistem tersebut. Karena, pelanggan tidak perlu datang mengantri loket-loket PDAM selama ini. Jadi, cukup ke loket untuk bayar listrik sekaligus air karena telah terintegrasi,” jelasnya.

Nasrun mengemukakan, dengan sistem tersebut, PDAM akan sangat mudah mengontrol keuangan melalui satu pintu secara transparan dan akuntable. Sehingga, PDAM Pinrang akan semakin sehat dan fokus, dalam peningkatan kualitas layanan kepada pelanggan. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, PDAM telah berupaya maksimal untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

“Kami berharap manajemen dan pelayanan PDAM Pinrang, akan semakin baik dan meningkat, dalam semua aspek. Tak lain untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Direktur Trisari Group, Rudi Hartono, mengungkapkan, selain membuka peluang kepada masyarakat untuk membuka loket sendiri, sistem tersebut nantinya akan terintegrasikan dengan sistem perbankan dan toko retail modern. Selain itu, juga akan memberi ruang kepada masyarakat baik perorangan maupun badan hukum, untuk membuka loket PDAM di mana saja. Apalagi, sistem tersebut telah didukung dengan android, sehingga bisa di akses sampai pedalaman.

“Untuk mendirikan loket, masyarakat tidak dibebani biaya pendaftaran, serta dimudahkan prosedurnya sepanjang masyarakat memiliki fasilitas seperti komputer, laptop, dan telepon jenis android,” jelasnya. (***)

Direktur PDAM Pinrang A Nasrun (kiri) dan Direktur Trisari Group Rudi Hartono. foto: luki amima/rakyatsulsel.


div>