SABTU , 18 NOVEMBER 2017

PDI-P Gantung Mandat Enam Cakada

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Senin , 13 November 2017 15:51
PDI-P Gantung Mandat Enam Cakada

ilustrasi (*)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah merilis nama-nama jagoannya disejumlah daerah yang menggelar Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

Dari 12 daerah di Sulsel yang menggelar pilkada, enam diantaranya sudah diberikan rekomendasi. Enam, daerah itu yakni, Palopo (Judas Amir), Jeneponto (Iksan Iskandar), Bone (Andi Fashar Padjalangi), Sinjai (Sabirin Yahya), Wajo (Amran Mahmud), dan di Luwu ada nama Basmin Mattayang.

Nasib berbeda dialami calon kepala daerah (cakada) di enam daerah lainnya yang baru mendapat surat tugas. Enam daerah itu yakni, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto di Pilwalkot Makassar, Taufan Pawe di Pilwalkot Parepare, Muslimin Bando di Enrekang, Dollah Mando di Sidrap, Ilham Azikin di Bantaeng dan Andi Irwan Hamid di Pilkada Pinrang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI-P Sulsel, Iqbal Arifin mengatakan, belum mengetahui kapan DPP akan mengeluarkan rekomendasi kepada enam cakada itu.

Menurutnya, meski enam daerah itu baru sebatas surat tugas, namun partai besutan Megawati Soekarno Putri ini yakin akan menerbitkan surat rekomendasi dalam waktu dekat ini.

Ia menegaskan jika PDI-P Sulsel telah mengirim surat permohonan agar rekomendasi dari DPP keluar. “Hingga saat ini kami menunggu turunnya rekomendasi untuk enam daerah itu,” ungkap Iqbal.

Lebih jauh ia mengatakan, PDI-P Sulsel adalah partai yang tegak lurus, menjunjung tinggi soliditas serta kesantunan sesama kader, sehingga pihaknya meyakini tak ada perpecahan di internal kader. “Soal kader maju atau tidak, PDI-P tetap solid dan saling menghargai sesama kader. Pilkada Sulsel adalah barometer untuk Pilpres nanti,” jelasnya.

Terkait keluarnya rekomendasi untuk daerah lain, Iqbal mengaku jika semua mekanisme PDI-P telah dilalui oleh enam orang tersebut, sehingga DPP PDI-P resmi mengusung mereka. “Intinya dari 12 kabupaten/kota, telah ada 6 daerah yang resmi diusung,” papar Iqbal.

Sebelumnya, Sekretaris PDI-P Sulsel, Rudy Pieter Goni mengatakan, beberapa daerah yang belum diberikan rekomendasi diharapkan agar bersabar. Menurutnya, dengan terbitnya surat tugas yang dikeluarkan PDI-P itu, berarti PDI-P sudah memiliki kandidat yang akan didukung pada pemilihan tersebut. (*)


div>