JUMAT , 19 OKTOBER 2018

PDIP: Musuh Terbesar Jokowi Isu Sosial Imajiner

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Jumat , 20 Oktober 2017 22:17
PDIP: Musuh Terbesar Jokowi Isu Sosial Imajiner

int

JAKARTA,RAKYATSULSEL.COM – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira mengatakan, ke depan pemerintahan Presiden Joko Widodo akan mempunyai lawan besar. Lawan terbesar itu adalah “isu-isu sosial” yang imajiner.

Isu itu sengaja dimunculkan untuk memukul balik keberhasilan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla selama ini.

“Isu sosial imajiner itu dimunculkan sehingga bisa dijadikan kickback karena tidak banyak alasan untuk mengkritik pemerintah. Jadi dibuat isu-isu di luar kebenaran tapi bisa membangun persepsi dan opini tentang Jokowi,” kata Andreas dalam diskusi “Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK” di gedung DPR, Jakarta, Jumat (20/10).

Menurut Andreas, isu-isu sosial imajiner itu akan membangun apa yang disebutnya populisme di Indonesia. Memang, kata Andreas, gejala populisme politik ini secara global sudah menguat.

Tapi, gejala itu kini mulai masuk ke Indonesia. “Tidak ada lagi jalan mencari kesalahan presiden, kemudian dikembangkanlah isu seperti ini,” kata anggota Komisi I DPR itu.

Dia mengatakan, isu sosial imajiner ini juga akan membangun suasana ketidaksukaan rakyat terhadap elite. Lebih tepatnya, kata Andreas, membangun antitesa pembangunan yang tengah berjalan di era Jokowi.

“Ini tantangan, meskipun ini bukan hal riil tapi kembali lagi politik itu adalah persepsi. Pemerintah Jokowi harus hati-hati terhadap isu yang dibangun dan tidak faktual,” ujar Andreas.


div>