RABU , 21 NOVEMBER 2018

PDIP : Tak Ada Koalisi Nasional di Pilgub Sulsel

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 07 Agustus 2017 09:41
PDIP : Tak Ada Koalisi Nasional di Pilgub Sulsel

ilustrasi (*)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak akan memaksakan koalisi nasional pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel tahun 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP, Idham Samawi saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDIP Sulsel di Grand Clarion Hotel Makassar, Sabtu (5/8) lalu.

“Kami tidak ingin memaksakan koalisi di tingkat nasional akan berlanjut hingga ke daerah, termasuk Pilgub Sulsel,” ujar Idham Samawi.

Untuk itu, menurut Idham, DPP PDIP menekankan bila dukungan PDIP sangat ditentukan oleh siapa figur, meskipun bukan kader internal PDIP. Oleh sebab itu, ia berpesan kepada kader PDIP agar bekerja keras untuk memenangkan usungan di Pilkada serentak 2018 nanti.

“Pilkada titik beratnya pada figur. Bukan pada partai. Apalagi tidak semua partai siap dengan kader yang punya kualifikasi dengan calon kepala daerah,” tegasnya.

Soal koalisi nasional, partai-partai yang sudah menyatakan dukungan kepada Jokowi, ada Golkar, PPP, NasDem, Hanura, dan PDIP. DPP PDIP sendiri tak ingin memaksakan koalisi secara linear. “Akan tetapi, DPP melihat figur yang bakal diusung di Pilkada Sulsel,” terangnya.

Idam Samawi menjelaskan, sesuai dengan konstitusi partai, AD/ART partai rapat akan terus berlanjut untuk membahas agenda partai menghadapi event politik.

Idam Samawi menambahkan bila isi dari rakerda tingkat provinsi, menjabarkan apa yang keputusan rakernas. “Setelah Rakernas, harus diikuti rakerda. Nanti setelah itu rapat kerja cabang,” tuturnya.

[NEXT-RASUL]

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Sulsel, Andi Ridwan Wittiri enggan berkomentar banyak perihal usungan PDIP pada Pilgub dan Pilkada serentak di Sulsel.

Menurutnya, usungan PDIP sudah jelas ditentukan oleh DPP sehingga pihaknya sebagai DPD hanya bertugas melakukan pendaftaran dan tahapan seleksi lainya. “Semua keputusan usungan rekomendasi cakada di DPP,” singkatnya.

Pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDIP Sulsel di Grand Clarion Hotel Makassar. Dipimpin Ketua DPP PDIP Idam Samawi yang dihadiri juga Ketua DPD PDIP Sulsel, Andi Ridwan Witiri, Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni, serta pengurus PDIP se-Sulsel. Rapat tersebut berlangsung tertutup. (yad/D)


div>