MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Peduli Anak, Dokter Andalan Ajari IRT Kecamatan Bontoala Stimulasi Pijat Bayi

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 05 Agustus 2018 19:15
Peduli Anak, Dokter Andalan Ajari IRT Kecamatan Bontoala Stimulasi Pijat Bayi

dr Bob Wahyudin saat melakukan contoh cara pijat bayi yang benar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Istilah Pijat Bayi, Baby Massage dan Infant Massage bisa disamakan dengan stimulasi pijat. Metode ini merupakan kombinasi bentuk stimulasi multi modal, yaitu raba dan gerak yang dilakukan oleh orangtua atau tenaga kesehatan.

Saat yang sama orang tua juga melakukan stimulasi auditory atau pendengaran (dengan mengajak bayi bicara saat dipijat), dan stimulasi visual (penglihatan, dengan mengadakan kontak mata saat memijat).

Hal tersebut dijelaskan dr Bob Wahyudin usai melakukan contoh cara pijat bayi yang benar.

Saat bersamaan, Yayasan Insan Edukasi Kesehatan Anak Makassar menjadi sponsor Baksos Kursus Pijat Bayi, di Markas Rainbow Jalan Bungaejayya Makassar dan mengundang dr Bob Wahyudin (spesialis anak) menjadi pembawa materi.

Menurut dokter Spesialis Anak yang juga pakar pijat bayi, dr Bob Wahyudin, stimulasi pijat memiliki manfaat pada kondisi tertentu antara lain untuk meningkatkan frekuensi menyusu, meningkatkan berat badan bayi, membantu bayi untuk berlatih relaksasi, membuat tidur lebih lelap dan lama dan membuat ikatan/bonding dengan ibu orangtua.

dr Bob Wahyudin menuturkan, stimulasi pijat baiknya dilakukan durasi sekitar 15 menit. Untuk hasil maksimal disarankan dilakukan rutin. Dalam sehari disarankan pula dilakukan 3 kali sehari.

Teknik untuk pemijatan untuk bayi cukup bulan dan bayi kurang bulan berbeda. Teknik untuk bayi cukup bulan cukup bervariasi dan sebisa mungkin meliputi seluruh bagian tubuh. Urutan pada teknik pemijatan ditujukan agar tidak ada bagian tubuh yang terlewati, namun dapat diberikan tidak secara berurutan.

“Tujuan pijat bayi atau stimulasi pijat adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan stimulasi raba, gerak dan kombinasi stimulasi lainnya,” katanya.

Disamping melakukan kursus stimulasi pijat oleh dr Bob Wahyudin, kegiatan ini diisi juga pemeriksaan kesehatan gratis untuk bayi dan balita sekitar yang membutuhkan. (*)


div>