KAMIS , 14 DESEMBER 2017

Peduli Guru, Tunjangan Pakasi Guru Naik 600 Persen

Reporter:

Muh Alif

Editor:

Sofyan Basri

Selasa , 07 November 2017 21:24
Peduli Guru, Tunjangan Pakasi Guru Naik 600 Persen

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM — Perjuangan meningkatkan kesejahteraan guru berhasil dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo. Mulai 2018, tunjangan pakasi tenaga pendidik SMA/SMK dipastikan naik hingga 600 persen.

Surat Keputusan penetapan tunjangan pakasi guru resmi ditandatangani Gubernur Sulsel, DR H Syahrul Yasin Limpo, Selasa (7/11). Kebijakan ini berlaku untuk semua guru SMK/SMA di Sulsel yang jumlahnya mencapai 16 ribuan.

Kadisdik Provinsi Sulsel Irman Yasin Limpo menyebutkan, tunjangan pakasi guru meningkat dari Rp200 ribu menjadi Rp1,6 juta. “SK penetapan kenaikan tunjangan pakasi guru sudah disetujui dan ditandatangani gubernur,” ujar None, sapaan Irman YL.

Kebijakan tersebut diharapkan mampu mendorong profesionalisme dan meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik.

“Kita memperjuangkan kenaikan pakasi ini dengan harapan mampu meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan guru serta untuk menstimulus agar pendidikan kita semakin terakselerasi dengan baik,” terang birokrat yang nenelorkan inovasi program e-panrita tersebut.

Irman memperjelas perbedaan antara tunjangan pakasi dan tunjangan sertifikasi bagi guru. Pakasi disebutkan  merupakan tunjangan kesejahteraan, sementara sertifikasi merupakan tunjangan profesi yang peruntukannya terkait peningkatan kompetensi dan kualitas indidividu guru. (*)


div>