RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Peduli Petani Rumput Laut, Jasindo Salurkan Bantuan Rp 3 Miliar

Reporter:

Supahrin

Editor:

Iskanto

Jumat , 07 September 2018 18:15
Peduli Petani Rumput Laut, Jasindo Salurkan Bantuan Rp 3 Miliar

Direktur Teknik Asuransi Jasindo, Ricky Tri Wahyudi, Direktur Bank Indonesia (BI), Dwityapoetra Soeyasa Besar, PT. Kliring Berjangka Indonesia (KBI), Fajar Whibiyadi dan puluhan petani rumput laut yang masuk anggota koperasi Makkio Baji.

TAKALAR, RAKYATSULSEL.COM – PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) menyalurkan dana kemitraan sebesar Rp 3 miliar untuk petani rumput laut, di Dusun Maccini Baji, Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, di Kabupaten Takalar, Jumat (7/9).

Pemberian bantuan dana sebesar Rp 2 miliar, diserahkan langsung oleh Direktur Teknik Asuransi Jasindo, Ricky Tri Wahyudi kepada perwakilan Koperasi Makkio Dalle Takalar.

Selain itu, bantuan dana sebesar Rp 1 miliar dari Asuransi Jasindo lainnya, diwakili Direktur Utama Kriling Berjangka Indonesia (KBI), Fajar Whibiyadi kepada perwakilan Koperasi Tunas Baru Takalar.

Penyerahan bantuan dana ini, disaksikan pihak Bank Indonesia (BI), PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dan PT. Kliring Berjangka Indonesia (KBI) dan puluhan anggota Koperasi Makkio Dalle yang merupakan petani rumput laut.

Direktur Teknik Asuransi Jasindo, Ricky Tri Wahyudi berharap dengan adanya bantuan dana tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan petani rumput laut. Serta memudahkan semua petani rumput laut di Takalar juga menstabilkan harga rumput laut.

Perlu diketahui bahwa produksi rumput laut Takalar cukup besar dan cepat. Dimana hanya dalam waktu 45 hari para petani sudah bisa memanen. Hasil panen tersebut disimpan di tempat penyimpanan atau gudang milik swasta di Desa Ujungbaji.

Setelah masyarakat panen, rumput lautnya langsung dibeli oleh Koperasi Makkio Dalle dengan harga yang stabil. Ini salah satu upaya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam membantu kesejahteraan masyarakat,” jelas Ricky.

Begitupula yang disampaikan dengan Direktur Bank Indonesia (BI), Dwityapoetra Soeyasa Besar. Ia berharap dengan adanya bantuan ini, bisa semakin memudahkan dan meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Desa Ujung Baji. Serta tentunya produk ini bisa diekspor ke luar negeri. “Kita inginkan masyarakat, khususnya petani rumput laut makin sejahtera”, singkat Dwityapoetra Soeyasa Besar

Sementara itu, petani rumput laut Haris Daeng Banna mengaku senang dengan adanya bantuan pendanaan yang didapatkan tersebut. Tentunya kata dia, dengan adanya bantuan tersebut akan semakin mensejahterakan para petani rumput laut.

“Dengan adanya bantuan ini, tentunya kami selaku petani rumput laut sangat terbantu, sebab kalau panen, rumput laut kami langsung dibayar oleh Koperasi Makkio Dalle dengan harga stabil. Sehingga kami yakin ini bisa lebih meningkatkan kesejahteraan petani Rumput Laut,” Ucap Haris Daeng Banna. (*)


div>