KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Peduli Remaja Putri, Diskes Akan Sosialisasi Gerakan FE

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 05 Mei 2017 16:06
Peduli Remaja Putri, Diskes Akan Sosialisasi Gerakan FE

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kasna.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi penerus bangsa khususnya remaja putri, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kesehatan (Diskes), akan melakukan sosialisasi dan Gerakan FE. Hal tersebut, bertujuan untuk memperbaiki status kesehatan diusia remaja.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Diskes Parepare, Kasna, mengatakan, FE merupakan salah satu obat berbentuk kapsul yang mengandung zat besi penambah darah. Hal itu, kata dia, sangat penting bagi remaja putri yang berfungsi sebagai penambah darah pada masa menstruasi (haid).

“Remaja putri kelak akan menjadi ibu yang melahirkan generasi penerus bangsa, sejak dini harus diberi perhatian terutama kesehatannya. Supaya, jika telah berkeluarga dan akan melahirkan, baik ibu maupun anaknya tetap dalam kondisi selamat dan sehat,” katanya.

Dia menjelaskan, gerakan tersebut akan dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang ada di Kota kelahiran BJ. Habibie tersebut. Pihaknya, akan bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan melibatkan D unit Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolah masing-masing.

“Rencananya akan dilaksanakan setiap Jum’at, dan para pelajar putri meminum langsung kapsul FE di sekolah, yang dikontrol dan disaksikan para guru. Hal itu sangat penting untuk memastikan kapsul FE betul-betul diminum. Selanjutnya, di dalam kelas akab ditunjuk penanggung jawab pemenang kapsul. Karena harus diminum 10 kapsul setiap bulannya. Jadi, jika haid bisa langsung diminum,” jelasnya. (luk)


Tag
div>