RABU , 14 NOVEMBER 2018

Peduli Sesama, Mahasiswa UMMA Galang Dana Untuk Penderita Tumor

Reporter:

Muhammad Iqbal

Editor:

Iskanto

Sabtu , 08 September 2018 08:00
Peduli Sesama, Mahasiswa UMMA Galang Dana Untuk Penderita Tumor

int

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam 3 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) internal Kampus Universitas Muslim Maros (UMMA) melakukan penggalangan dana di sekitaran Kawasan Kuliner Pantai Tak Berombak (PTB) Maros, Jum’at (07/09).

Ketiga HMJ tersebut, yakni Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Fakultas Pertanian Peternakan dan Kehutanan (FAPERTAHUT), dan Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRI) FAPERTAHUT UMMA.

Penggalangan dana yang dilakukan ketiganya ini ditujukan untuk membantu meringankan biaya pengobatan salah seorang anak yang mengidap Tumor pada perutnya. Ialah Arif (11) yang bertempat tinggal di Kuri Lompo, desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Maros.

Arif yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang terbilang sangat jauh dari kata mampu ini telah dioperasi dan dirawat di Rumah Sakit Dody Sarjoto, Mandai. Namun, dirinya masih membutuhkan banyak biaya.

Pada saat menggalang dana, Ketua Umum Himabio, Muhammad Akmal mengatakan, jika gerakan sosial tersebut merupakan bukti bahwa manusia utamanya mahasiswa masih memiliki hati nurani dan kepedulian terhadap sesama.

“Gerakan sosial ini untuk membuktikan apakah hati manusia masih bergetar dan mau memberikan uluran tangan terhadap sesama yang mengalami keterpurukan, apalagi Mahasiswa sebagai moral of force, tentunya ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Akmal.

Senada, Ketua Umum Himagro, Jasman Muhammad Putra menyampaikan, jika membantu sesama memang sebuah kewajiban bagi manusia sebagai makhluk sosial.

“Kita ini kan manusia, manusia itu adalah makhluk sosial. Sudah sepantasnya yang dilakukan adalah hal-hal kemanusiaan, yakni salah satunya adalah membantu saudara kita yang membutuhkan. Apalagi kita tahu bersama, bahwa Arif ini kan masih anak-anak dan berasal dari keluarga kurang mampu,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Himagri, Muhammad Nur berharap agar tak hanya mahasiswa yang turun tangan membantu. Akan tetapi pihak terkait dengan hal ini juga turut mengambil tanggung jawabnya.

“Kami rasa pemerintah harus memerhatikan jika ada warganya yang kurang mampu dan butuh bantuan, Arif ini anak dari keluarga kurang mampu dan menderita Tumor. Pemerintah juga seharusnya membantu meringankan, atau paling tidak ada keringanan biaya dari rumah sakit. Bukan hanya mahasiswa dan beberapa pihak yang sadar akan kepedulian terhadap sesama,” ungkap Nur.

Diketahui, dana yang terkumpul untuk sementara ini ialah sebesar RpĀ 2.138.000. Mereka akan melakukan penggalangan dana kembali, dan mereka berharap kegiatan sosial tersebut dapat direspon positif oleh masyarakat dan tentunya bernilai ibadah. (*)


div>