RABU , 17 JANUARI 2018

Pegawai DKP Sulsel Produksi Sabun Kesehatan

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 02 Oktober 2017 11:20
Pegawai DKP Sulsel Produksi Sabun Kesehatan

SABUN KESEHATAN. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Sulkaf S Latief (kiri) memperlihatkan aneka produk sabun kesehatan dan masker yang terbuat dari rumput laut kepada Ketua Ardin Sulsel Haerumi hamzah Tuppu di ruang kerjanya, akhir pekan lalu. Inovasi ini ditemukan pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rumput laut memiliki aneka ragam manfaat dan dapat diproduksi menjadi berbagai jenis produk. Salah satunya diolah menjadi sabun kesehatan (skin care). Seperti terobosan yang dilakukan salah seorang pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel.

Rumput laut dijadikan bahan baku berbagai jenis sabun kesehatan termasuk masker kecantikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Sulkaf S Latief, di ruang kerjanya, akhir pekan lalu, mengakui, produksi yang dilakukan pegawainya itu sudah lama dilaksanakan, namun baru gencar dilakukan dalam dua tahun terakhir ini.

“Awalnya cuman uji coba dan inovasi produk dari bahan baku rumput laut. Namun, sekarang sudah gencar dilakukan. Bahkan, produksinya bukan cuma dari pegawai kami, tetapi sudah ada produksi lainnya. Sekarang konsepnya digunakan Industri Kecil Menengah (IKM) untuk produksi kecil-kecilan,” jelasnya.

Sulkaf mengatakan, produksi yang dilakukan masih skala kecil, namun diakui harga memang agak mahal. “Harganya Rp10.000-Rp15.00 per batang. Ini agak mahal karena memang fokus kesehatan, jadi harganya agak di atas,” ujarnya.

“Ini juga yang kita agak takutkan, kalau negara lain ketahui produk ini. Kalau mereka tahu sabun rumput laut bagus, tiba-tiba perusahaan dari luar, misalnya China yang dikenal dengan industrinya yang sangat kuat juga memproduksi dengan harga lebih murah. Makanya, produk IKM harus mendapatkan dukungan dalam hal produksi dan pemasaran,” tambahnya.

Sulkaf ketika memperlihatkan aneka produk sabun kesehatan dan masker yang terbuat dari rumput laut kepada Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distribusi Indonesia (Ardin) Sulsel Haerumi Hamzah Tuppu, mengatakan, aneka jenis sabun kecantikan dan masker tersebut sudah dipasarkan tidak hanya di Sulsel, tetapi sudah sampai ke Sulbar. Bahkan, hingga ke Bogor, Jawa Barat.


div>