SENIN , 15 OKTOBER 2018

Pekan Depan, ADB Kunjungi Makassar

Reporter:

Armansyah

Editor:

Iskanto

Sabtu , 13 Oktober 2018 11:00
Pekan Depan, ADB Kunjungi Makassar

Asian Development Bank. ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pasca pemaparan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto dengan 13 negara dan 26 delegasi negara sahabat tentang 10 investasi terbaik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Pekan depan, petinggi Asian Development Bank (ADB) akan berkunjung ke Makassar.

Kunjungan tersebut membahas 10 investasi terbaik Pemkot Makassar sebagai tindak lanjut saat dilakukan forum di F8, Rabu (10/10) lalu.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto mengatakan, pemaparan 10 investasi yang dilakukan di hadapan 13 negara sahabat disambut baik. Terbukti, perwakilan yang terhimpun di ADB akan berkunjung ke Makassar.

Jadi, kata Danny, perwakilan setiap negara akan berkunjung ke Kota Makassar. Informasi yang diberikan ke diplomat ke pengusaha, bahkan perwakilan Amerika Serikat akan kesini.

“10 invetasi ini akan dilihat kepastiannya tanggal 16 Oktober nanti. Bos-bosnya ADB akan kesini dan kita jamu makan malam berarti ada dua agenda nanti,” ungkapnya, Jumat (12/10).

Sementara, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kerjasama Setda Makassar, Najiran Syamsuddin menjelaskan, kedatangan ADB ini akan membahas investasi dengan Kota Makassar, termasuk akan membahas 10 investasi terbaik milik Pemerintah Kota Makassar.

“Jadi dilihat dari kebutuhan dan dari konten 10 investasi itu, karena ADB punya konten tersendiri sebelum dilakukan kerjasama,” ucapnya.

Kata Najiran, bantuan ADB biasanya pada sektor penataan kawasan kumuh, seperti yang sudah dilakukan sejak Februari tahun ini tentang mengentaskan 90 kawasan kumuh di Makassar. Tahap selanjutnya, ada sekira 10 daerah di Makassar yang akan dibantu oleh ADB, salah satunya di kawasan Utara Kota.

“Terkait penawaran 10 investasi itu merupakan kebijakan Pak Wali, tapi tetap jadi prioritas saat ini menjamu kedatangan ADB,” cetusnya.

Najiran menambahkan, sedikitnya ada tiga negara yang menyatakan siap meneken Nota Kesepahaman (MoU) diantaranya, Jepang, Austalia dan Perancis. Bahkan, ketiga negara tersebut meminta proposal 10 investasi pasca dilakukan forum F8.

“Kemarin pas selesai forum, mereka meminta proposal untuk diberikan ke para pengusaha mereka disana. Dalam waktu kurang sebulan akan ditau apakah ada yang tertarik dengan 10 investasi ini,” ungkapnya.

Diketahui, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto memaparkan 10 investasi terbaiknya yakni Makassar Sombere’ & Smart City Hall, The Master, Balang Tonjong Lakeside Resort, Tallo River Eco Town, Somba Opu Double Decker City Walk, Sombere’ Makassar LRT, Green Parking Garage, Makassar Waste to Energy, City Fiber Optic Network, dan Integrated City Toll Road.
Nilai investasi dari 10 mimpi Wali Kota Makassar ini mencapai Rp 52 triliun dengan hitungan bangunan ditambah dengan total lahan tempat berdirinya bangunan. (*)


div>