JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Pekan Depan! Mutasi 212 Pejabat Lingkup Pemkot Makassar

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Sabtu , 16 April 2016 17:36
Pekan Depan! Mutasi 212 Pejabat Lingkup Pemkot Makassar

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Mutasi pejabat lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar direncanakan berlangsung pada pekan ketiga, April 2016. Gerbong mutasi nanti mencakup 212 jabatan eselon.

Antara lain 54 Kepala SKPD, 14 Camat dan 143 Lurah. Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Makassar, Firman Hamid Pagarra, mengatakan Walikota Makassar Danny Pamanto, memiliki pertimbangan yang terukur dalam menilai kinerja pejabat.

Khusus untuk posisi lurah, Pemkot Makassar menjaring aspirasi masyarakat melalui rapor publik lurah 2016. Dengan metode ini, masyarakat mendapatkan kesempatan terbuka untuk menyampaikan dukungan, kritikan atau pengalamannya bersentuhan dengan pelayanan publik di kelurahannya yang didasarkan pada fakta ataupun bukti.

Terdapat lima poin yang menjadi fokus penilaian masyarakat di rapor publik ini. Antara lain pelayanan publik, penerapan MTR (lorong garden, drainase bersih dan kerja bakti), bebas pungutan liar, kedisiplinan lurah, kualitas Sombere (sentuhan lurah terhadap masyarakat).

Rapor publik lurah dibuka sejak 18 hingga 24 Maret 2016 lalu. Masyarakat dapat berpartisipasi via SMS dan WA di 082332346699, akun facebook rapor publik lurah 2016 dan dengan mencantumkan hashtag#reformasibirokrasi.

Sejak dibukanya, terkumpul 149 SMS yang diterima. 100 diantaranya berisi dukungan, dan 22 menyampaikan kritik terhadap kinerja lurah. 5 lainnya berisi dukungan terhadap rapor publik lurah, dan 22 lainnya berisi pertanyaan seputar program Pemkot dan prosedur pelayanan di SKPD, kecamatan ataupun kelurahan.

“Hasil rapor publik lurah menjadi acuan untuk mutasi, menjadi pertimbangan dalam memutuskan apakah lurah tersebut layak untuk melanjutkan atau berhenti di tengah jalan,” jelas Firman Pagarra. (asr)


div>