SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Pekan Ini, Dana Bos Bakal Dicairkan

Reporter:

Editor:

dedi

Rabu , 05 April 2017 20:09
Pekan Ini, Dana Bos Bakal Dicairkan

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulsel, Setiawan Aswad berjanji, pihaknya akan mencairkan dana Bos pekan ini. Namun, ia belum mengetahui kapan hari dan tanggal pastinya. Sekolah diminta bersabar.

“Insya Allah pekan ini. Kemarin kita sudah konfirmasi ke kabupaten/kota. Semuanya sudah berproses dan kita akan percepat dalam waktu dekat,” katanya ditemui di Ruangan Kerjanya dikantor Disdik Sulsel, Rabu (5/4).

Termasuk kesiapan anggarannya. Setiawan mengaku, anggaran sudah ada di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) juga sudah siap, tinggal disetor ke BPKD.

Dana Bos ini juga nantinya akan ditransfer secara langsung ke rekening sekolah. Tidak lagi ke dinas Pendidikan setempat.

“SP2D-nya sudah ada semua. Saya tinggal koordinasi dengan kepala bidang untuk disetor ke BPKD,” tambahnya.

Menurut Setiawan, terhambatnya pencairan dana BOS, karena beberapa kabupaten/kota belum memasukkan laporan Pertanggung Jawabannya (LPJ). Namun, pihaknya tetap akan mencairkan dana bos pekan ini.

Untuk itu, pihaknya memberi waktu kepada kabupaten/kota agar melengkapi dan menyetor LPJ ke dinas Pendidikan provinsi. Termasuk melampirkan LPJ dalam bentuk epaper bukan hanya bentuk software.

“Komitmen yang segera diwujudkan untuk dikasih masuk. Tidak masuk kan, bisa menghambat pencairan di bagian keuangan. Ada beberapa juga dinas pendidikan yang menyetor LPj tapi berbentuk software, sedangkan kita butuh yang berbentuk paper. Kayak Makassar, bentuk software juga belum lengkap laporannya,” jelasnya.


div>