SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Pekan Ini, Sembilan Proyek Jalan Dilelang

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 14 Maret 2018 11:45
Pekan Ini, Sembilan Proyek Jalan Dilelang

Ilustrasi. foto: net

MAKASSSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menargetkan pekan ini sudah memasukkan dokumen proyek pembangunan sembilan ruas jalan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP), untuk segera? dilakukan proses lelang.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan Dinas PU Kota Makassar, Darlis mengaku sudah merampungkan seluruh dokumen yang berkaitan dengan proyek tersebut. “Datanya sebenarnya sudah lengkap tinggal kami setor ke ULP. In sya Allah, pekan ini sudah di ULP,” kata Darlis, Selasa (13/3) kemarin.

Meski begitu, pihaknya mengaku masih menunggu perampungan penyusunan harga perkiraan sendiri (HPS), sebelum berkas proyek itu disetor ke ULP.

Ia bahkan telah melakukan survei harga barang yang nantinya digunakan sebagai dasar untuk menentukan HPS.

Lanjutnya, jika pembuatan HPS sudah rampung. Maka, dia tinggal memasukkan dokumen proyek tersebut ke ULP untuk segera dilakukan proses lelang. Dia berharap proses penyetoran tersebut bisa terealisasi pekan ini. “Dokumen semua sudah rampung tinggal tunggu HPS,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Makassar, Anshar mengaku siap untuk melelang proyek pembangunan? sembilan ruas jalan tersebut. Pasalnya, dokumen perencanaan untuk proyek tersebut juga sudah rampung 100 persen. “Pembangunan jalan itu sudah siap untuk kita lelang, mungkin pekan ini,” tegas Anshar

Terpisah, Kepala Sub Bagian Pengadaan BLPBJ Setda Kota Makassar, Surahman mengatakan bahwa pihaknya belum menerima dokumen apapun terkait pembangunan 9 ruas jalan dari Dinas PU Makassar. “Belum ada diserahkan ke kita,” singkat Surahman.

Ia menjelaskan bahwa untuk proses lelang membutuhkan waktu sekira 16 hari untuk dilakukan kajian terhadap dokumen yang akan dilelang, jika dalam kajian ditemukan kekurangan atau perbaikan maka akan dikembalikan ke Dinas terkait untuk disempurnakan.

Diketahui, anggaran proyek pembangunan sembilan ruas jalan ini dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp68,5 miliar,

Anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan sembilan ruas jalan di Kota Makassar. Diantaranya Jl Hj Bau, Balaikota, Rajawali, Gagak, Dipenogorko, Satando, Salodong, Racing Center, dan Dangko. (*)


div>