RABU , 20 JUNI 2018

Pekan Pertama Juni, 3.747 ASN di Parepare Dua Kali Gajian

Reporter:

Editor:

Niar

Minggu , 03 Juni 2018 14:59
Pekan Pertama Juni, 3.747 ASN di Parepare Dua Kali Gajian

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Pemerintah Kota Parepare berupaya mencairkan gaji 14 atau yang disebut tunjangan hari raya (THR) maksimal dua hari setelah gaji Mei diterima.

Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), H Nasarong. Jika gaji Mei diterima Senin, (4/6/2018) besok, maka pihaknya akan mencairkan THR pada Selasa 5 Juni atau paling lambat Rabu, 6 Juni, pekan ini. Ini artinya, sebanyak 3.747 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Parepare bakal dua kali gajian dalam pekan pertama di bulan Juni, masing-masing gaji Mei dan THR.

“Semua PNS, struktural maupun fungsional, termasuk juga Anggota DPRD akan terima. Insya Allah THR akan kita bayarkan apabila SPM dari SKPD sudah ada. Saya berupaya membayar setelah gaji Mei diterima, kalau misalnya gajian tanggal 4, maka THR kami bayarkan tanggal 5, paling lambat tanggal 6 Juni,” ungkap Nasarong.

Sementara untuk tenaga honorer, Nasarong menguraikan, jika berdasarkan petunjuk teknis (juknis), tenaga honorer hanya diperuntukkan untuk lembaga non PNS dengan gaji minimal Rp 3 juta. Sementara di Kota Parepare kata dia, lembaga non PNS sebagaimana termaktub dalam juknis tersebut tidak ada.

“Jadi tidak ada THR untuk tenaga honorer sesuai juknis. Hanya saja kita kembalikan ke pimpinan SKPD masing-masing, siapa tahu mereka menyiapkan THR untuk tenaga honorernya masing-masing,” jelas Nasarong.

Diuraikan pula, anggaran yang dialokasikan untuk membayar THR sebanyak Rp 13 miliar. Jumlah ini sama dengan gaji 13 yang akan dibayarkan pada awal Juli mendatang. “Jumlahnya sama, masing-masing Rp 13 miliar untuk THR dan Rp 13 miliar Gaji 13 untuk 3.747 penerima. Jadi totalnya Rp 32 miliar,” paparnya.

Sementara besaran THR dan Gaji 13 diberikan sesuai dengan besaran gaji pokok ditambah tunjangan-tunjangan yang diterima pada Mei 2018, “Kecuali tunjangan beras, tidak termasuk,” tukasnya. (*)


div>