SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Pelaku Bom Ikan Ditangkap Satpolair Pangkep

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 28 September 2012 09:50
Pelaku Bom Ikan Ditangkap Satpolair Pangkep

ilustrasi

ilustrasi

PANGKEP – Satuan Polisi Perairan (Satpoair) Polres Pangkep menangkap Mursalim alias Cali (21) warga Pulau Sanane, Desa Mattirolangi, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkep, dalam operasi Jaring Lipu tahun 2012.

Kepala Satuan Polisi Air (Kasatpolair), AKP Darwis Akib, mengatakan, pelaku  diringkus aparat saat akan melaksanakan aksinya di perairan antara Pulau Sanane dan Pulau Sarappo,  (23/9), sekitar pukul 12.00 wita.

Saat ditangkap, dari tangan pelaku, petugas mengamankan lima botol amunium nitrate dan lima buah sumbu dan detonator yang dirangkai menjadi  bahan peledak yang siap ledak. “Setiap botol bahan peledak tersebut, masing- masing berisikan amunium nitrate, sumbu dan detonator. Bahan peledak tersebut siap untuk diledakkan,” papar Darwis.

Dalam penyidikan tersangka mengaku bahwa dirinya tidak sendiri, melainkan bersama kakaknya yang kini masih dalam pengejaran polisi

“Saat ditangkap, awalnya, pelaku berkelit. Tetapi, setelah petugas menemukan barang bukti bahan peladak, akhirnya tersangka menyerah,” tambahnya.

Ditambahkan, Darwis, kepada petugas, tersangka mengaku, mendapatkan bahan peledak tersebut dari kakaknya, Dolahi. Rencananya bahan peledak tersebut akan digunakan untuk pengeboman ikan.

Kapolres Pangkep, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Idil Tabransyah menambahkan pelaku akan dijerat dengan Pasal 1 ayat 1 Undang-undang  Darurat No 12 tahun 1951 No 78 dengan ancaman hukuman kurungan pidana seumur hidup atau 20 tahun penjara.

“Pelaku terbukti melakukan tindak pidana membawa, menyimpan memiliki dan mengusai. Bahan peledak yang siap peledak tanpa dilengkapi dengan surat izin yang sah dari berwenang,” tandas Idil. (K5/D)


Tag
div>