SABTU , 20 OKTOBER 2018

Pelaku UKM Diajari Berbisnis Online

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 22 April 2016 13:08

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Sukses berbisnis tanpa harus memiliki modal besar, kantor dan pegawai, kini bukan lagi hal mustahil. Sebuah solusi tepat ditawarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kepada para pelaku usaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM).

Melalui Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika (BBPPKI) Makassar, Kemkominfo menawarkan peluang bisnis dengan memanfaatkan dunia maya. Mereka tidak perlu membuka dan menutup toko, tetapi dapat online sepanjang waktu.

Hal inilah yang dipelajari para pelaku UKM Parepare selama dua hari di Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Parepare mulai Rabu, 20 April hingga 21 April 2016.

Mereka dilatih menggerakan dan memasarkan produknya dengan memanfaatkan media toko online yang berkembang pesat dewasa ini. Pelatihan ini menghadirkan fasilitator Kemkominfo dari BBPPKI Makassar, Firdaus.

Kegiatan ini rencananya akan berlangsung dua angkatan untuk mengakomodir para pelaku UKM Parepare yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Mereka umumnya sehari-hari produsen abon ikan, usaha kerajinan tangan, usaha bakso ikan dan berbagain usaha lainnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Data Diskominfo Parepare, Tasman, mengatakan, pelatihan tersebut digelar Kominfo Parepare untuk mendorong pengusaha UKM di daerah ini lebih mengambangkan usaha mereka.

Selama ini kata Tasman, para pelaku UMKM hanya mengandalkan penjualan dengan cara konvensional seperti tatap muka atau pameran, Padahal, saat ini tersedian fasilitas yang memungkinkan mereka lebih mengoptimalkan kegiatan usaha.

“Dengan kemampuan promosi secara online maka potensi pasar yang masih sangat luas bisa digarap. Karena itu, kami berharap para pelaku UMKM Parepare merubah metode pemasarannya yang sifatnya konvensional menjadi sitem pemasaran online,” katanya.

Ini adalah kegiatan pelatihan yang digelar Puskomkref untuk kesekian kalinya. Sekadar informasi, Puskomkref Parepare diresmikan 1 Juli 2013. Semenjak berdiri telah dilakuan tujuh kali pelatihan untuk UKM.

Untuk Indonesia, saat ini ada sembilan Puskomkref yang telah dibangun yakni di Kabupaten Lombok Utara, Lamongan, Palangkaraya, Temanggung, Payakumbuh, Parepare dan di Kutai Kertanegara, serta Tulang Bawang.


div>