RABU , 13 DESEMBER 2017

Pelantikan Bupati Barru, SYL Titip Proyek Kereta Api ke Suardi

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Muh Sophian AS

Rabu , 15 November 2017 22:40
Pelantikan Bupati Barru, SYL Titip Proyek Kereta Api ke Suardi

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) melantik Suardi Saleh sebagai Bupati Barru definitif periode 2016-2021

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Proses pelantikan Bupati Barru, Rabu (15/11) berlangsung dengan hikmat. Wakil Bupati, Suardi Saleh akhirnya resmi menjadi Bupati Barru definitif untuk periode 2016-2021

Dalam sambutannya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, berharap proyek kereta api Trans Sulawesi menjadi perhatian serius. Apalagi, Kabupaten Barru menjadi titik awal dimulainya proyek tersebut. “Saya titip Pak Bupati, kereta api jalan terus. Tapi ini bukan cuma tanggung jawab bupati saja, tetapi kita semua” kata Syahrul.

Sejauh ini baru ada 16 kilometer rel yang terpasang. Padahal pemerintah menargetkan tahun 2019 mendatang, kereta api ini sudah bisa berfungsi, minimal untuk angkutan material semen. “Kereta api mutlak harus ada, semua pejabat harus konsentrasi, bukan hanya bupati tapi juga Kapolres, Dandim dan Kajari,” tandasnya.

Syahrul menegaskan tak ada pemerintah yang harus berhenti, hanya orangnya saja yang terganti. Pemerintahan harus tetap berjalan. “Apa yang kita lakukan hari ini adalah melegitimasi sebuah proses agar lebih baik lagi, dan pemerintahan yang ada menjadi rahmat dan melindungi rakyat,” jelas Syahrul.

Tidak sampai disitu. Syahrul juga mengingatkan agar pemerintah daerah di Kabupaten Barru memberikan ruang bagi pengusaha bergerak tanpa beban di daerah tersebut. “Barru itu tempat mengukur kecerdasan, akal dan intelektual, serta budaya. Jadi, jangan ada pengusaha disana yang gamang. Jangan sogok-sogok, jangan pungli, dan jangan korupsi. Kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi besok,” pesan Syahrul.

Sementara itu, Bupati Barru, Suardi Saleh berjanji akan melakukan akselerasi untuk memenuhi target RPJMD yang telah disusun bersama. Menurutnya, proses pelantikan yang baru saja dijalani hanya untuk memperjelas kedudukannya. Terkait tugas dan tanggung jawab, selama ini telah ia lakukan. “Saya tetap lanjutkan pemerintahan yang sudah ada. Mungkin langkah awal hanya pengisian jabatan yang lowong saja, terutama di eselon III dan IV,” ungkapnya.

Untuk wakil bupati, dirinya belum mau berkomentar. Pasalnya hal tersebut masih akan dibicarakan dengan empat partai pengusungnya, yaitu PPP, Gerindra, Hanura dan PKS.

Khusus untuk proyek Kereta Api, menurutnya tak ada masalah. “Kita sudah maksimal menyiapkan lahannya, tinggal anggaran. Termasuk anggaran fisiknya dari pusat,” pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya Suardi Saleh menjabat Wakil Bupati Barru, mendampingi Bupati Barru Idris Syukur. Namun, Idris Syukur dinonaktifkan dari jabatannya, setelah terjerat persoalan hukum. (*)


Tag
  • Suardi Saleh
  •  
    div>