SABTU , 20 OKTOBER 2018

Pelantikan OPD Tertunda, Tunggu Gubernur Kembali dari Jerman

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 21 Desember 2016 10:18
Pelantikan OPD Tertunda, Tunggu Gubernur Kembali dari Jerman

Agus Arifin Nu'mang

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru saja disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sulsel. Pelantikan pejabat rencananya akan dilakukan setelah Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo pulang dari Jerman dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker).

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, mengatakan, nama-nama pejabat di OPD baru sudah dimasukkan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

“Nama-namanya tinggal dimasukkan dan sudah dibuat. Ini akan menjadi kewenangan dari Pak Gubernur,” ungkap Agus diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (21/12).

Agus berharap, sebelum tahun 2017, OPD baru telah berlaku dengan struktur yang baru. “Kita berharap sebelum 2017, Pak Gubernur sudah lantik. Tahun depan sudah struktur yang baru itu. Pada OPD itu, ada yang tetap dan ada yang bergeser,” ucapnya diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (21/12).

Untuk mengisi jabatan lowong tersebut, Agus mengakui, masalah ini juga sudah dibahas bersama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

“Kami sudah godok di BKD. Inikan sesuai arahan pak gubernur kalau pejabat yang ada sekarang di carikan tempat. Yang jadi masalah kalau ada yang dihapus seperti di Biro, dari 14 biro menjadi 9. Pejabatnya mau dibawa kemana,” katanya.

Sementara, mengenai proses pengisian jabatan, Agus menjelaskan, akan mengikuti aturan yang berlaku, lelang akan dilakukan jika pejabatnya sudah tidak ada.

[NEXT-RASUL]

“Pak Sekda sudah menanyakan hal ini di Aparatur Sipil Negara (ASN), kalau memang kosong akan dilakukan seleksi untuk lelang,” terang Agus.

Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana, Andi Reza Saing, menjelaskan, ada tiga dinas baru yakni, Dinas Infokom, Dukcapil dan Perdagangan. Ketiga dinas baru tersebut sebelumnya merupakan bagian-bagian OPD lainnya, yang kemudian dipisahkan menjadi unit kerja tersendiri.

Seperti, Dinas Infokom, dulu tergabung dalam Dinas Perhubungan. Dinas Perdagangan, sebelumnya tergabung dalam Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Serta Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dukcapil KB), yang menjadi bagian dari Biro Pemerintahan Umum dan Badan KB. “Mereka dulu kan tergabung dengan unit yang lainnya,” ungkap Reza.

Sebelumnya, Kepala BKD Sulsel, M Tamsil, mengatakan, akan menyelesaikan permasalah OPD baru sebelum pergantian tahun. “Insya Allah sebelum 2017 diusahakan sudah selesai. Target kita sebelum 31 Desember kita sudah selesaikan,” ungkapnya. (***)


div>