KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Pelatihan Fasilitator Jadi Perpanjangan Tangan DP3A Sulsel

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 06 Juni 2017 20:21
Pelatihan Fasilitator Jadi Perpanjangan Tangan DP3A Sulsel

Kepala DP3A Sulsel Andi Murlina saat memberikan sambutan di acara pelatihan fasilitator pencegahan kekerasan terhadap perempuan, di hotel celebes indah, Selasa (6/6). Foto: Ashar/RakyatSulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulsel telah melakukan pelatihan fasilitator pencegahan kekerasan terhadap perempuan, di hotel celebes indah, Selasa (6/6).

Dalam kegitan tersebut ada beberapa menjadi fasilitator yang diharapkan menjadi perpanjangan tangan dari DP3A, yakni lembaga pemerintah, lembaga organisasi, masyarakat, lembaga kegamaan, dunia usaha dan media massa.

Kepala Dinas DP3A, Andi Murlina menuturkan, perpanjangan tangan tersebut berarti pihaknya akan menambah agen pencegahan di masing-masing tempat tinggal, organisasi dan lain sebagainya.

“Berdasarkan UU 23 Tahun 2014, pemerintah Daerah wajid mengrusi perlindungan perempuan dan perlindungan anak. Fasilitator yang sudah mengikuti pelatihan ini, akan menjadi sumber berita bagi kami di dinas kami kalau ada tindak kekerasan di lingkungannya,” ucapnya.

Menurutnya, DP3A tidak akan cukup untuk mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, tapi perlu dukungan masyarakat untuk bisa berpartisipasi.

Murlina menjelaskan, berdasarkan data di pihaknya, sebanyak 33,4 persen responden pernah mengalami hidup, sementata 9,4 persen dalam setahun terakhir untuk mengalami kekerasan perempuan.

Untuk di Sulsel, lanjut Murlina, kasus kriminalitas di Sulsel untuk kasus kekerasan terhadap, pada Maret 2017 dari 1824 Kasus, korbannya adalah perempuan, yang mengalami kontak fisik, psikis, dan eksploitasi.

“Kita selalu melakukan pencegahan yang serius dan komprehensif menyangkut masalah perempuan kami selalu intens menguranginya termasuk penambahan agen fasilitator yang dilaksanakan saat ini,” jelasnya.


div>