KAMIS , 24 MEI 2018

Pelatihan Profesional Guru

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 29 September 2012 09:33

MAKASSAR – Pelatihan Peningkatan Kemampuan Profesionalisme Guru dilaksanakan oleh PT Pelindo IV bekerjasama dengan Rumah Perubahan, Kamis  (27/9) kemarin di aula pertemuan PT Pelindo IV Makassar. Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan,  Agus Arifin Nu’mang  ketika membuka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Profesionalisme Guru tersebut mengatakan, bahwa keberhasilan murid  itu berdasarkan profesional seorang guru dan kemapuan menganalisis guru serta harus memiliki karakter.

“Upaya untuk mencerdaskan anak murid itu bukan hanya ditentukan oleh sarana dan fasilitas, akan tetapi keberhasilan seorang anak didik itu bergantung pada profesionalisme seorang guru dan juga kemampuan menganalisis dan memiliki karakter,” ujar Agus Arifin Nu’mang.

Seorang guru yang professional, kata Agus Arifin Nu’mang, mesti menguasai karakter yang diajarkan, maupun materi dan memiliki kedisiplinan. Karena fungsi dan peran seorang guru itu sangat menentukan keberhasilan seorang anak didik.

“Seorang guru selain harus memiliki kecerdasan intelektual dan emosional, seorang guru yang professional itu memiliki daya nalar dan kemampuan untuk menganilis persoalan. Sehingga mutlak bagi seorang guru untuk selalu meningkatkan kemampuannya,” tambah Agus.

Lanjut dari pada itu, untuk perekrutan guru ke depan Sulsel Agus berharap kepada pemrintah pusat untuk pemberian dispensasi pengangkatan guru sesuai dengan tempat domisilinya. “Seperti daerah kepulauan harus mengangkat guru dari pulau tersebut, karena pengalaman selama ini guru yang diangkat dari luar kepulauan itu tidak akan bertahan lama di tempatnya mengabdi, sehingga diminta agar dalam pengangkatan guru itu harus berasal dari warga pulau itu sendiri,” papar Agus.

Direktur Keuangan PT Pelindo IV, Soemardiyo mengatakan, bahwa PT Pelindo IV dalam beberapa tahun terakhir sudah melakukan program tanggung jawab sosial dalam bentuk bantuan permodalan kepada usaha kecil menengah dan koperasi.

“Kami punya program pengentasan kemiskinan Corporate Social Responsibility (CSR) dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pendidikan lewat pelatihan peningkatan profesionalisme guru. Sebagai tahap awal baru dilakukan kepada guru yang berasal dari tiga Kabpuapaten/Kota yakni, Gowa, Kota Makassar dan Maros,” papar Soemardiyo.

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Profesionalisme Guru untuk tahap awal dilakukan kepada 36 orang guru SD, dengan materi yang diperoleh dari Rumah Perubahan yang dipimpin oleh Reynald Kazali, Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dan berakhir Jumat (28/9) kemarin. (RS13/her/C)


Tag
div>