KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Pembahasan RAPBD 2019 Menunggu Pengesahan Tatib DPRD

Reporter:

Salahuddin

Editor:

Iskanto

Minggu , 21 Oktober 2018 12:10
Pembahasan RAPBD 2019 Menunggu Pengesahan Tatib DPRD

Anggota DPRD Bulukumba Syamsir Paro. (ist)

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – DPRD Bulukumba akan mengesahkan Tata Tertib (Tatib) DPRD yang baru. Pengesahan tatib DPRD Bulukumba sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang penyusunan tatib DPRD.

Anggota DPRD Bulukumba, Syamsir Paro mengatakan, saat ini DPRD Bulukumba tinggal melakukan finalisasi terhadap tatib DPRD yang baru.

Tatib DPRD harus menyesuaikan dengan PP 12 Tahun 2018. Salah satunya, kata Syamsir, adalah pembahasan KUA dan PPAS APBD 2019 harus dimulai di komisi.

“Kalau ditatib sebelumnya, pembahasan KUA dan PPAS hanya dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPRD. Pasal 16 Ayat (4) berbunyi ‘Badan anggaran melakukan konsultasi dengan komisi untuk memperoleh masukan terhadap program dan kegiatan yang ada dalam rancangan prioritas dan plafon anggaran sementara,” kata dia.

Sementara diayat (5) lanjutnya, berbunyi ‘pembahasan rancangan kebijakan umum APBD, rancangan prioritas dan plafon anggaran sementara dan konsultasi dengan komisi dilaksanakan melalui rapat DPRD’.

Syamsir Paro, memastikan pembahasan RAPBD 2019 baru bisa dilaksanakan setelah Tatib DPRD yang baru disahkan. (*)


Tag
div>