SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Pembangunan Jalan Lingkungan di Tamalanrea Diprioritaskan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 29 Desember 2016 13:27

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Lingkungan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Andi Darmawagus, mengungkapkan, Dinas PU mengusulkan anggaran sekira Rp15,9 miliar untuk pembangunan jalan lingkungan di seluruh kecamatan di Makassar.

Namun, dari jumlah yang diusulkan tersebut, yang disetujui hanya berkisar Rp10,9 miliar. “Dari usulan kami, jumlahnya dikurangi Rp5 miliar, alasannya dialihkan untuk penataan PKL sesuai keinginan walikota Makasar,” bebernya diberitakan Rakyat Sulsel, Kamis (29/12).

Menurutnya, dari dana yang berkisar Rp10,9 miliar tersebut hanya gelondongan, sehingga dirinya belum bisa memastikan ruas jalan mana saja yang akan dibangun pada tiap-tiap kecamatan.

“Data ruas mana saja yang akan dibenahi belum fix, kita tetap melalui survei dahulu, jadi belum diinput. Selain itu kami juga belum bisa memastikan kecamatan mana saja yang bakal ditunda sebagai imbas pengurangan Rp5 miliar itu, karena masih sementara proses,” tambah Darmawagus.

Dijelaskan, alokasi anggaran untuk setiap kecamatan jumlahnya bervariasi, tergantung jumlah ruas dan panjang jalan. Namun, jika menilik dari tahun lalu, anggarannya berkisar Rp100 juta hingga Rp200 juta per ruas.

“Semua berdasarkan usulan musrenbang dan usulan lurah dan camat, serta dari hasil reses DPRD Makassar. Sehingga, perencanaannya, harus disurvei dulu baru ditentukan nilainya. Makanya, kadang diberi dispensasi dari BPK untuk terlambat input nilai-nilainya karena harus disurvei dulu baru dianggarkan per lokasi,” terangnya.

Kepala Dinas PU Makassar, Muhammad Ansar mengatakan, dari data sementara, anggaran pembangunan jalan lingkungan yang terbesar ada pada Kecamatan Tamalanrea, yakni Rp2 miliar lebih dan Kecamatan Tamalate Rp1,9 miliar lebih.

“Wilayah tersebut dianggap masih banyak jalan lingkungan yang perlu dibangun, misalkan saja seperti di BTP, Paccerakang dan Sudiang,” jelasnya. (***)


div>