SENIN , 22 OKTOBER 2018

Pembangunan Jalan Lingkungan, PU Siapkan Rp10 Miliar

Reporter:

Armansyah

Editor:

Iskanto

Sabtu , 13 Oktober 2018 11:20
Pembangunan Jalan Lingkungan, PU Siapkan Rp10 Miliar

ilustrasi pembangunan jalan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar telah mengalokasikan anggaran pada APBD Pokok 2018 kurang lebih Rp10 miliar, untuk pembangunan jalan lingkungan dibeberapa wilayah.
Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan, Darlis menyebutkan hanya mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan lingkungan yang dibagi menjadi 11 paket.

“Ada 11 paket memang yang kita anggarkan tahun ini. 10 paket sudah kita lelang, satunya mungkin Senin baru ditayangkan,” ucap Darlis, Jumat (12/10).

Darlis merinci, paket satu anggarannya mencapai Rp1 miliar untuk wilayah Kecamatan Biringkanayya, seperti Kelurahan Berua dan Kelurahan Laikang.

Paket dua, anggarannya sekitar Rp686,5 juta untuk jalan lingkungan di wilayah Tol Lama dan Perintis Kemerdekaan Kecamatan Tamalanrea.

Paket tiga, Rp1,36 miliar untuk beberapa wilayah di Kecamatan Manggala. Paket empat, Rp248,9 juta untuk jalan lingkungan di Kecamatan Panakkukang. Paket lima, Rp315,5 juta untuk pembangunan Jalan Laiya di Kecamatan Wajo.

Paket enam, Rp1,34 miliar untuk beberapa wilayah di Kecamatan Tallo, seperti Jalan Galangan Kapal I, Jalan Dg Regge, dan Jalan Gatot Subroto. Paket tujuh, menelan anggaran Rp745,5 juta untuk Kecamatan Makassar, seperti, Jalan Muh Yamin Baru Inspeksi Kanal Sinrijala.

Paket delapan, Rp537 juta untuk wilayah Kecamatan Rappocini, seperti Jalan RS Faisal 4 dan Jalan Griya Ayu Mas I. Paket sembilan, Rp1,25 miliar di Kecamatan Mamajang, seperti Jalan Baji Gau, Tanjung Biru, dan Harimau. Serta paket sebelas, Rp1,12 miliar untuk wilayah Perintis Kemerdekaan.

“Paket sepuluh itu anggarannya kurang lebih Rp1 miliar. Belum di tayangkan tapi sudah kita setor dokumennya ke LPSE, mungkin Senin baru tayang,” ucapnya.

Darlis menyebutkan pengerjaan proyek ini tidak memakan waktu lama, mungkin hanya sekitar sebulan lebih lantaran pembangunannya hanya bentuk paving blok. Kendati demikian, dia berharap agar proyek ini tidak mengalami gagal lelang, sehingga bisa rampung pada Desember, mendatang.

“Itu paving blok, satu bulan mungkin sudah selesai. Yang jelas Desember harus sudah selesai,” ungkapnya.
Lanjut Darlis, di APBD Perubahan pihaknya kembali mengalokasikan anggaran untuk peningkatan jalan lingkungan.

“Di anggaran perubahan ada lagi kita usulkan. Kurang lebih Rp600 juta-an, itu untuk beberapa titik,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Muh Anshar berharap agar proyek pembangunan jalan lingkungan ini bisa rampung tepat waktu.
“Inikan sementara lelang, harapan kita bisa rampung cepat,” tutupnya. (*)


div>