SABTU , 20 OKTOBER 2018

Pembangunan Tiga Carester Gagal

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 09 Mei 2018 12:37
Pembangunan Tiga Carester Gagal

kantor balaikota (ist)

*Terkendala Ketersediaan Lahan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar untuk menambah tiga unit posko terpadu care and rescue center (carester) tahun ini gagal terealisasi.

Kepala BPBD Kota Makassar, Muhammad Rusli mengatakan tahun ini tidak bisa menambah tiga unit posko carester lantaran ketersediaan lahan yang tidak ada. “Iya (batal), karena belum ada lahan itu yang menjadi problem utamanya,” singkat Rusli.

Kata dia, untuk membangun satu unit posko dibutuhkan lahan seluas 1000 meter persegi. Hanya saja, hingga saat ini ketersediaan lahan belum terpenuhi.

Alhasil, rencana pemerintah untuk menambah tiga unit posko carester di wilayah Maccini Sombala, Rappocini, dan Biringkanaya batal terealisasi.

Kendati demikian, dia terus berupaya mencari lahan untuk kepentingan penambahan pembangunan tiga unit posko carester, sehingga rencana ini bisa segera terealisasi.

“Luasannya 1000 meter persegi, setiap wilayah. Tapi memang lahannya yang tidak ada, tapi kita tetap upayakan juga dengan mencari lahan dan anggaran. Karena intinya lahan yang belum kita dapat. Jelas kapan ada lahan kita bisa anggarkan lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Damkar Hasanuddin mengatakan bahwa tim terpadu yang dibuat dalam penanganan bencana, pihaknya tetap beroperasi sesuai ketentuan yang sudah berlaku yakni 24 jam operasi. “Ini bentukan tim terpadu, kita tetap standby 24 jam, kita tidak tau kalau dinas lain, kalau dianggarkan operasinya,” ucap Hasanuddin

Ia mengatakan armada yang ada di Dinas Pemadam Kebakaran tidak ada penambahan pasalnya armada yang ada sekarang sudah sesuai tiap posko damkar yang ada di Makassar.

“Untuk sementara di timur, kita kelebihan armada harusnya 4 (dari 7 armada) saja ditimur sama halnya di Kima, itu nanti pecahannya di kima akan dikirim ke carester BTP,” ucap Hasanuddin

“Armada dan anggota sudah memadai untuk 10 posko nantinya termasuk carester,” Lanjutnya

Rencana penambahan carester ini untuk melengkapi posko yang sudah ada sebelumnya di Kecamatan Manggala, Ujung Tanah, dan Tamalanrea.

Posko ini diharapkan bisa menjangkau dengan cepat jika sewaktu-waktu terjadi bencana, sehingga dibutuhkan penanganan yang cepat.

Saat ini, tiga posko terpadu telah beroperasi selama 24 jam dengan tim terpadu dari BPBD, Dinas Kebakaran, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan kepolisian. (*)


div>