SELASA , 12 DESEMBER 2017

Pembayaran Honor Guru Sukarela Dianggarkan di APBD-P

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 13 Oktober 2017 11:00
Pembayaran Honor Guru Sukarela Dianggarkan di APBD-P

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Ismunandar. Foto: ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Guru yang berstatus tenaga kontrak atau berstatus sukarela yang ada di lingkup Dinas Pendidikan Kota Makassar, akhirnya bisa sedikit lega. Pembayaran honor mereka akan dianggarkan dalam Perubahan APBD 2017.

Kepastian tersebut setelah Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, dalam rapat pembahasan Ranperda APBD-P 2017, memutuskan untuk menambahkan anggaran di Dinas Pendidikan Makassar, untuk membayar honor para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ismunandar, mengatakan, sebelumnya pihaknya hanya mengajukan anggaran untuk pembayaran honor gaji yang berstatus honorer atau yang mengantongi SK dari Walikota Makassar.

“Kita memang hanya mengajukan anggaran di Perubahan APBD ini khusus untuk pembayaran 1.800 gaji guru honorer sebesar Rp 3 miliar lebih. Sebab aturan yang ada, gaji guru yang berstatus honorer itu dibayarkan melalui APBD, sementara untuk gaji guru yang statusnya sukarela tidak dianggarkan dalam APBD, tapi dibayar oleh sekolah dengan menggunakan dana BOS,” terangnya.

Ismunandar menjelaskan, jika guru honorer yang telah mengantongi SK wali kota adalah mereka yang telah menjalani masa kerja 4-5 tahun. Sementara yang statusnya sukarela, masa kerjanya belum sampai dua tahun.

“Guru sukarela ini masa kerjanya baru 1-2 tahun. Tapi kalau anggaran kita bertambah, kenapa tidak. Kita akan angkat semua, apalagi memang keberadaan mereka itu sesuai kebutuhan pihak sekolah,” kunci Ismunandar.

Namun, Anggota Banggar DPRD Makassar, Rahman Pina, meminta agar tidak membeda-bedakan pembayaran gaji guru, baik yang statusnya honorer maupun yang berstatus sukarela. Olehnya itu, dirinya meminta agar Disdik menambahkan anggarannnya untuk memenuhi pembayaran honor untuk guru sukarela yang jumlah mencapai 900 orang lebih.


div>