SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Pemerintah Harus Lihat Respon Masyarakat

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 01 September 2012 10:06
Pemerintah Harus Lihat Respon Masyarakat

Afandi Agusman, Anggota Komisi A DPRD Sulsel

Afandi Agusman, Anggota Komisi A DPRD Sulsel

RAKYAT SULSEL . Adanya keinginan pemerintah menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) setiap tiga bulannya pada tahun 2013 mendapat reaksi dari beberapa pihak, termasuk lembaga negara yang memilii tugas mengawasi fungsi kerja pemerintah dan badan usahan milik negara diantaranya PLN. Apalagi, rencana kenaikan TDL itu mencapai 15 persen.

Anggota Komisi D Afandi Agusman dari Fraksi Hanura mengangap, kenaikan TDL itu nantinya akan menimbulkan reaksi sosial dalam kehidupan masyarakat. Apa lagi kenaikan tersebut tidak ditunjang oleh peningkatakan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Berikut wawancaranya.

 

+ Menurut Anda, apakah kenaikan TDL yang akan diberlakukan pada 2013 mendatang itu wajar?

– Kalau mengenai kenaikan TDL saya rasa pemerintah harus melakukan kajian khusus, utamanya dalam melihat respon masyarakat. Apalagi kanaikan itu diberlakukan tiga bulan sekali, yang akan berimbas pada pengarush sosial bagi masyarakat. Apalagi, kenaikan itu cukup besar, dan semuanya itu akan memberatkan para pelanggan dan juga memperburuk harga ekonomi, karena tentu akan dibarengi kanaikan di semua lini.

 

+ Lantas apa Yang harus dilakukan PLN sebagai perusahaan penyedia listrik?

– PLN harusnya sebelum menaikkan TDL harus memperbaiki sistem jaringan dulu, jangan nanti setelah TDL naik malahan kenyamanan pelanggang mendapatkan aliran lsitrik justru sama dengan sebelumnya yang masih amburadul.

 

+ Bagimana mengatasi semua ini?

– PLN harus melakukan sosialisasi serta melihat respon masyarakat terkait rencana kenaikan TDL. Pengaruhnya sebesar apa. Pemerintah jangan asal menaikkan saja, karena pastilah kenaikan ini akan berdampak besar bagi perekonomian kita. Jangan sampai kenaikan TDL akan berakibat pada naiknya harga kebutuhan pokok yang akan berdampak besar pada masyarakat.

 

 

+ Apa yang akan dilakukan dewan?

– Kita di Komisi D DPRD Sulsel saat ini tidak bisa berbuat banyak, karena kebijakan itu merupakan kebijakan pemerintah pusat. Palingan kita di provinsi cuma berharap agar kenaikan itu tidak dilakukan sepihak tanpa melihat dampak yang dirasakan oleh masyarakat nantinya. (lutfy/D)


Tag
div>