SELASA , 18 DESEMBER 2018

Pemilih Perempuan Dominasi Pilbup Sinjai

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Rabu , 18 April 2018 12:00
Pemilih Perempuan Dominasi Pilbup Sinjai

Ilustrasi pemilih. (Doc.RakyatSulsel)

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Jumlah pemilih perempuan mendominasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pada Pilkada Sinjai 27 Juni mendatang.

Hal itu terungkap saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai menggelar uji publik DPSHP untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, di Aula Rumah Makan Nikmat, Selasa (17/4).
Hasilnya, data DPSHP di Kabupaten Sinjai mencapai 174.079 jiwa dengan 84.640 pemilih laki-laki dan 89.439 pemilih perempuan. “Untuk saat ini memang perempuan lebih banyak,” ujar Devisi Data KPU Sinjai, Muh Kasim.

Lebih jauh Kasim mengatakan, untuk rekapitulasi model A.C-KWK yang non KTP-el, pemilih di Kabupaten Sinjai sebanyak 10.800 jiwa. Data tersebut merupakan data pemilih sementara. KPU dan Disdukcapil, kata dia terus berkoordonasi untuk merekam data pemilih yang belum memiliki KTP-el, termasuk mendata pemilih tambahan.

“Ada data pemilih tambahan. Yaitu mereka yang tidak terdaptar di DPT akan tetapi memiliki KTP-el. Kami ingin mereka melapor segera ke PPS agar dibantu pendistribusiannya di daerahnya agar mendapat A.P-KWK. Masa pengurusannya adalah setelah penetapan DPT sampai hari H,” ungkapnya.

Selain data pemilih tambahan, ada juga daftar pemilih pindahan yaitu mereka yang namanya sudah terdaftar sebagai pemilih tetap sesuai alamat di KTP-el, akan tetapi terkendala untuk memilih di alamat yang tertera di KTP tersebut, maka orang ini bisa meminta surat pindah memilih dari KPU.

“Kami berharap agar pemilihan nantinya semua warga Kabupaten Sinjai yang masuk dalam daftar pemilih bisa menyalurkan aspirasinya,” harapnya. (*)


div>