SELASA , 16 OKTOBER 2018

Pemilihan Berlangsung, Agus-Tanribali Unggul Survei Exit Poll

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 27 Juni 2018 11:32
Pemilihan Berlangsung, Agus-Tanribali Unggul Survei Exit Poll

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Laju Survei Indonesia (LSI) melakukan survei dengan metode Exit Poll saat Pilkada Serentak sedang berlangsung, Rabu (27/6/2018).

Khusus Pilgub Sulsel, pasangan nomor urut 2, Agus Arifin Nu’mang – Tanribali Lamo, unggul dengan persentase 31,6 persen.

Kemudian disusul Nurdin Halid-Abd Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) 22,4 persen, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) 22,1 persen dan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) 18,6 persen. Sementara yang tidak menjawab 5,3 persen.

Hasil rekapitulasi Exit Poll tersebut berdasarkan dari jumlah data yang masuk yakni 2822 jawaban dari pemilih di TPS yang sudah melakukan pencoblosan di bilik suara mulai pukul 8.00 Wita sampai dengan jam 9.30 pagi Wita.

Direktur Laju Suvei Indonesia, Fri Harlina SE dalam siaran persnya, mengungkapkan, data tersebut masuk dari 2241 desa di 300 kecamatan di 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

“Alasan masyarakat memilih kandidat yang dipilih di bilik suara menjawab karena Program kerja yang diusung 34,9 persen, Karena gaya kepemimpinan Kandidat 24,4 persen, melihat partai pengusungnya 16,2 persen , Tokoh Nasional/Tokoh Partai yang mengusung kandidat 18,2 persen dan yang Tidak menjawab 6,3 persen,” jelasnya.

Exit Poll Exit Poll adalah metode survey yang dilakukan terhadap pemilih saat keluar dari blik suara.

Exit Poll dilakukan pada saat proses pemilihan di TPS masih berlangsung dan begitu penghitungan di TPS hendak dilakukan, Exit Poll sudah selesai dilakukan. Obyek amatan: Untuk Quick Count obyeknya adalah TPS, sedangkan Exit Poll adalah pemilih.

Metode Pengambilan atau Penentuan TPS amatan sebanyak 1.411 TPS oleh IDM dilakukan dengan mengunakan metode Multistage Random Sampling dan Exit Poll di setiap TPS diseleksi 2 pemilih secara random.

Pengumpulan data masuk /data feeding digunakan alat komunikasi handphone android oleh para surveyor yang kemudian data data hasil wawancara kepada pemilih di TPS langsung di kirim ke sentral nomor whatsapp LSI di Jakarta.

“Dan proposional sesuai sebaran TPS di tersebar di 300 kecamatan dan 2252 desa kelurahan di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Survei Exit Poll ini memiliki tingkat Margin Of Error -/+ 2,5 % pada tingkat kepercayaan 95 persen,” kuncinya.(*)


div>