MINGGU , 21 JANUARI 2018

Pemilu Serentak Cegah Politikus Kutu Loncat

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 29 September 2012 10:23

JAKARTA – Pemilihan umum kepala daerah serentak akan mendatangkan lebih banyak manfaat. Salah satunya, tidak akan ada kepala daerah loncat ke daerah lain selama masa kepemimpinannya belum habis.

Karena selama ia memimpin, tidak ada daerah lain yang menggelar pilkada.

“Keuntungan kalau (pemilu) dilakukan serempak, maka politisi kutu loncat tidak bisa mengajukan di daerah lain,” ujar Komisioner KPU Pusat, Hadar Nafis Gumay dalam diskusi DPD, bertajuk “Pemilu Nasional Dan Lokal, Mungkinkah Serentak?” di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Jumat, (28/9).

Tak hanya itu, pemilu serentak juga terjadi kestabilan di pemerintahan.

“Karena akan saling mempengaruhi. Presiden yang dipilih rakyat maka berpengaruh terhadap pemilihan anggota dewan. Nanti terjadi bila di tingkat daerah, maka akan berpengaruh di DPRD,” jelas dia.

Untuk itu dia mengusulkan adanya dua tahap pemilu serentak yakni pemilu nasional dan pemilu lokal. Pemilu nasional rakyat memilih Presiden, Anggota DPR dan DPD. Sementara pemilu lokal memilih Gubernur, Walikota, Bupati dan Anggota DPRD.

Keuntungan lainnya, lanjut Hadar, adalah penghematan biaya. Namun, pihaknya mengakui bila belum menghitung besaran penghematan tersebut.

“Tapi kami pastikan bisa dihemat.  Penghematan bisa dilakukan seperti pada surat suarat, logistik dan desain pemilu. Memang tidak terlalu banyak. Yang pasti berkurang adalah rekruitmen relawan, honor, pelatihan dan modul,” demikian Hadar.

Gagasan pelaksanaan Pemilu serentak sudah lama diperbincangkan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) berpandangan, gagasan itu perlu segera direalisasikan. Makanya, harus dimulai dengan menyiapkan landasan hukumnya.

Demikian disampaikan komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay dalam diskusi DPD, “Pemilu Nasional dan Lokal, Mungkinkah Serentak?” di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (28/9).

Menurutnya, Pemilu serentak akan memudahkan kerja KPU. Dan yang lebih penting, Pemilu serentak akan lebih ringkas. (RM)


Tag
div>