• Selasa, 29 Juli 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

Pemilukada Makassar, Wajo, Pinrang Dan Luwu Dipercepat

Sabtu , 14 Juli 2012 15:27
Total Pembaca : 259 Views

Baca juga

RAKYAT SULSEL . MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Selatan berencana mempercepat pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) di empat kabupaten/kota di Sulsel.

Empat daerah yang pemilukadanya dipercepat adalah Pemilukada  Kota Makassar, Kabupaten Wajo, Pinrang, dan Luwu yang harusnya digelar 2014 nanti, rencananya akan dipercepat akhir 2013.

Menurut Ketua KPUD Sulsel Jayadi Nas, dipercepatnya pemilukada di empat kabupaten/kota tersebut karena mengantisipasi pemilihan yang terlalu banyak pada 2014, mengingat pada 2014 mendatang itu juga ada pemilihan umum calon anggota legislatif dan dilanjutkan dengan pemilihan presiden RI.

“Percepatan pemilukada tersebut telah diatur pada rancangan undang-undang pemilukada, dan itu juga terjadi pada Pemilukada 2009 lalu,” ungkap Jayadi.

Berdasarkan data KPUD Sulsel, akhir masa jabatan empat kepala daerah di kabupaten/kota tersebut tidak bersamaan, yaitu anatara Februari hingga Mei 2014. “Dimajukannya hanya karena semata untuk efisiensi anggaran semata tapi juga untuk menghindarkan tumpang tindih konflik pemilu,” tambahnya.

Jayadi menekankan, dipercepatnya hari pemungutan suara pada empat kabupaten/kota tersebut jika rencana percepatan pemilukadanya disetujui. “Inikan baru rencana, karena itu tidak akan mengubah masa jabatan kepala daerah. tidak ada pemngurangan, meski pemilihan dipercepat,” tegasnya.

Karena menurut Jayadi, pelantikan kepala daerah selanjutnya berdasarkan hasil pemilukada pada akhir masa jabatan kepala daerah sebelumnya.(RS1/C)