RABU , 23 MEI 2018

Pemilukada Takalar Sulit Berlangsung Satu Putaran.

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 29 September 2012 10:08
Pemilukada Takalar Sulit Berlangsung Satu Putaran.

Jen Syarief Rivai & Masniar Mappasawang

Jen Syarief Rivai & Masniar Mappasawang

TAKALAR – Jumlah kontestan yang memperebutkan kursi kepala daerah di Kabupaten Takalar sebanyak tujuh pasang. Akibatnya, Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Takalar diprediksi berlangsung dua putaran.

Hal itu diungkapkan oleh pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar Firdaus Muhammad, Jumat (28/9).

Meski demikian menurut Firdaus, peluang satu putaran tetap ada, jika ada kandidat calon bupati dan wakil bupati yang bisa meraih dukungan diatas 50 persen. “Peluang satu putaran mungkin saja terjadi jika ada kandidat tertentu yang mendapat suara mayoritas,” tegasnya.

Dijelaskan Firdaus, sebaran suara pemilih dan adanya hubungan kekeraban para kontestan Pilbup Takalar menyulitkan proses berlangsung satu putaran. “Kecuali ada figur yang mampu meyakinkan publik sehingga elektabilitasnya tinggi,” papar Firdaus.

Dikatakan Firdaus, peluang parta politik (Parpol) tentu lebih kuat selama partai pengusungnya solid dan mampu mobilisasi kader atau massa. “Tetapi kandidat dari jalur perseorangn juga berpeluang jika pergerakannya gencar. Namun sejauh ini kemungkinan itu sangat kecil karena pergerakana mereka tampaknya masih terkesan lamban,” tambahnya.

Aspek lain, tambah Firdau adalah potensi kecurangan sangat perlu diantisipasi oleh seluruh komponen masyarakat sehingga Pilbup Takalar bisa lebih berkualitas dan menjadi contoh pemilukada damai di Sulsel,” ujar Firdaus.

Sementara calon bupati dari jalur perseorangan, Masniar Mappasawang Daeng Rannu merasa optimis menang satu putaran jika perempuan di Kabupaten Takalar bisa bersatu. “Jumlah pemilih perempuan di Takalar itu sekitar 112 ribu orang, dan ketika perempuan bersatu, cukup satu putaran Daeng Rannu menang,” imbaunya.

Juru bicara pasangan Bupati dan Wakil Bupati Takalar nomor urut tiga, Jen Syarif Rifai-Gassing Rapi, Andi Maksim tidak ingin sesumbar, menurutnya sangat sombong baginya jika mengatakan bisa menang satu putaran.

“Biarkan kandidat lain mengklaim satu putaran, tetapi kami tetap pada target untuk lolos di putaran kedua,” pungkasnya.(RS1/D)


Tag
div>