MINGGU , 22 JULI 2018

Pemkab Alokasikan Anggaran Rp 5 Miliar Tanggulangi Kemiskinan

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 10 Februari 2016 15:42

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai pada Tahun 2016 ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5 Miliar untuk penanggulangan kemiskinan. Hal ini disampaikan oleh Sekda Sinjai, H. Taiyeb A Mappasere, kepada awak media, Rabu (10/2).

Menurutnya, anggaran tersebut dibagi ke beberapa SKPD yang sangat bersentuhan langsung secara teknis bagi masyarakat dan beberapa SKPD yang lain menjadi pendukung program pengentasan kemiskinan. “Kalau untuk SKPD yang kita serahkan untuk menangani program ini secara teknis antara lain Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perkebunan dan Kehutanan dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, setelah program ini berjalan para penerima bantuan akan dievaluasi sejauh mana keberhasilan dari program ini. “Jadi nantinya, bukan lagi kita evaluasi berapa yang tersalurkan akan tetapi yang kita akan evaluasi berapa penghasilan yang diperoleh masyarakat yang tergolong miskin dari adanya bantuan ini,” katanya.

Terkait dengan jumlah penduduk miskin yang ada saat ini, Taiyeb mengatakan bahwa jumlah penduduk miskin baik dari data pusat maupun daerah di Kabupaten Sinjai sebanyak 130 ribu jiwa. “Data pusat itu, sebanyak 78 ribu jiwa lebih yang terbagi di sembilan kecamatan dan data Kabupaten sebanyak 52 ribu lebih yang juga terbagi di sembilan kecamatan. Kalaupun data ini masih stagnan, inilah yang membuat kami heran karena hampir separuh dari jumlah penduduk Sinjai masih miskin, data ini juga tidak masuk akal,” ujarnya.


div>