MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Pemkab Asuransikan 4.400 Nelayan Pangkep

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 28 September 2017 16:10
Pemkab Asuransikan 4.400 Nelayan Pangkep

Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid saat membuka kegiatan sosialisasi program asuransi nelayan, di Aula Pertemuan Hotel Mattampa Inn, Kamis (28/09). Foto: Atho/RakyatSulsel

PANGKEP, RAKYAT SULSEL.COM – Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kabupaten Pangkep mengasuransikan sebanyak 4.400 nelayan yang ada di kepulauan dan pesisir, Kabupaten Pangkep.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pangkep, Andi Farida, di kegiatan sosialisasi program asuransi nelayan, di Aula Pertemuan Hotel Mattampa Inn, Kamis (28/09).

Farida menjelaskan, program asuransi nelayan ini merupakan aturan pemerintah pusat, dimana pemerintah kabupaten bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan terhadap nelayan melalui asuransi.

Selain itu, lanjut dia, dalam program asuransi ini, sebanyak 4.400 nelayan berhak atas subsidi asuransi di tahun pertama, yang kemudian dilanjutkan melalui jalur mandiri di tahun berikutnya.

“Kita punya nelayan tersebar di 4 Kecamatan Kepulauan, dan setiap nelayan kita bantu dulu ditahun pertama ini sebesar Rp175 ribu dan berikutnya, nelayan akan membayar melalui jalur asuransi mandiri”, jelas Farida.

Andi Farida menambahkan, bagi nelayan yang ingin ikut dalam program asuransi tersebut, wajib memenuhi ketentuan seperti, memiliki kartu asuransi nelayan yang diperoleh dari pusat, melalui permohonan ke Pihak DPK Pangkep, dan juga data identitas nelayan, yang kemudian, diajukan ke pihak Asuransi dalam hal ini PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) yang telah ditunjuk oleh pemerintah pusat.

Sementara itu, Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid, yang hadir membuka acara sosialisasi Asuransi Nelayan ini mengaku jika upaya pemerintah terhadap nelayan dapat semata mata untuk memberi rasa aman tanpa harus khawatir saat sedang melaut.


div>