RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Pemkab Barru Gelar Pelatihan Data Profil Desa dan Kelurahan

Reporter:

Andi Amril

Editor:

Iskanto

Kamis , 13 September 2018 12:36
Pemkab Barru Gelar Pelatihan Data Profil Desa dan Kelurahan

Tampak Pelatihan Admin dan Operator Penyusunan Profil Desa dan Kelurahan di Aula kantor BPMD Kabupaten Barru (13/9).

BARRU, RAKYATSULSEL.COM – Guna mengikuti perkembangan dan kebutuhan masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Barru menggelar pelatihan penyusunan dan pendayagunaan profil desa dan kelurahan angkatan I dan II.

Kegiatan berupa pelatihan tersebut dilaksanakan di Gedung Aula Kantor Dinas PMDPPKBP3A Kabupaten Barru (13/9). Diikuti para Sekertaris Desa dan Kelurahan beserta operator dari Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Barru.

Kepala Dinas PMDPPKBP3A Kabupaten Barru Drs Nasaruddin Msi mengatakan bahwa kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama 2 hari. Hal tersebut guna memberikan pelatihan kepada operator perihal database.

“Sudah berlansung sejak 12 September 2018 kemarin dan akan berakhir hari ini,adapun pelatihan itu untuk Admin dan operator di Desa dan Kelurahan, terkait database Desa dan Kelurahan.

Ia menjelaskan, mereka di latih untuk menggambarkan profil desa dan kelurahan masing-masing dengan menginput data dan mengupdate data.

“Perlu diketahui juga bahwa para sekdes dan seklur itu merupaka ketua tim admin di lokasi masing-masing,”jelasnya.

Input data yang dilakukan lanjutnya, terkait kebutuhan dasar masyarakat. Yang nantinya setiap enam bulan akan diadakan evaluasi terkait profil desa terbaru. Tujuannya agar data profil desa dan kelurahan terupdate setiap bulannya.

“Teknisnya nanti ada form yang diisi oleh warga masyarakat. Disamping itu adapun nantinya para sekdes ini akan bersinergi dengan aparat-aparat terkait di desanya ataupun Kelurahannya. seperti Kepolisian, TNI, para Kepala Dusun ketua RW dan RT guna mengetahui perkembangan masyarakat di Desa dan Kelurahan masing-masing,” tutup Nasaruddin. (*)


div>