KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Pemkab Bulukumba Sosialisasikan Apkiasi LAPOR-SP4N

Reporter:

Salahuddin

Editor:

Iskanto

Jumat , 09 November 2018 16:30
Pemkab Bulukumba Sosialisasikan Apkiasi LAPOR-SP4N

Pemkab Bulukumba melalui Dinas Komunikasi dan Infomatikan (Kominfo) menggelar kursus singkat penggunaan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR SP4N), dikantor Dinas Kominfo Bulukumba, Kamis (8/11/2018).

BULUKUMBA,RAKYATSULSEL.COM – Pemkab Bulukumba melalui Dinas Komunikasi dan Infomatikan (Kominfo) menggelar kursus singkat penggunaan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR SP4N), dikantor Dinas Kominfo Bulukumba, Kamis (8/11/2018).

Kursus singkat penggunaan aplikasi ini diikuti sejumlah pengurus masjid. Kursus singkat yang berlangsung sehari itu, dibuka Kepala Bidang Hubungan Media Dinas Kominfo Bulukumba, Muhammad Syarif.

LAPOR SP4N adalah aplikasi yang dikembangkan Kementrian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Bulukumba sendiri merupakan salah satu daerah di Sulsel yang sudah mengimplementasikan aplikasi tersebut.

Mewakili Kepala Dinas Kominfo Bulukumba, Kepala Bidang Hubungan Media Dinas Kominfo Bulukumba, Muhammad Syarif, meminta dukungan pengurus masjid dalam mensosialisasikan aplikasi LAPOR ditengah masyarakat.

“Keberadaan aplikasi LAPOR sangat membantu pemerintah dalam mengaplikasikan saran dan kritik dari masyarakat terhadap kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan,” kata dia.

Kepala Seksi Opini Publik Dinas Kominfo Bulukumba, Abdul Gafur, mengatakan Pemkab Bulukumba telah menerapkan aplikasi LAPOR SP4N dalam menjaring aspirasi dan pengaduan masyarakat.

Tapi, dalam perkembangannnya penggunaan oleh masyarakat belum masksimal. Karena, sosialisasi ditengah masyarakat belum optimal.

“ini yang menjadi pemikiran kami untuk melakukan sosialisasi dengan melibatkan kelompok masyarakat, pengurus masjid dan Dai muda untuk menjadi media partner penggunaan aplikasi LAPOR SP4N itu,”
kata Abdul Gafur.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggara e-Goverment Dinas Kominfo Bulukumba, Mulyadi Gani yang menjadi pembicara dikursus singkat penggunaan aplikasi LAPOR SP4N mengatakan, aplikasi LAPOR bisa digunakan untuk menyampaikan aspirasi, saran dan kritik dari masyarakat. Termasuk, bila masyarakat melihat ada pungutan liar Pungli bisa dilaporkan.
“pungli juga bisa dilaporkan. Pelapor dijamin identitasnya dirahasiakan,” terang Mulyadi Gani. (*)


div>