RABU , 12 DESEMBER 2018

Pemkab Dorong Percepatan Pengendalian Kependudukan di Bantaeng

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Iskanto

Kamis , 04 Oktober 2018 16:20
Pemkab Dorong Percepatan Pengendalian Kependudukan di Bantaeng

int

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng meresmikan kampung KB di Desa Layoa, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Kamis (4/10). Sejumlah pejabat BKKBN hadir pula dalam kegiatan itu.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ratna Lantara mengatakan Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif. Melalui kampung KB ini, program KB tingkat lapangan dipadukan dengan program pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Dia mengatakan, program ini bukan hal yang baru di Bantaeng. Sebelumnya, program ini sudah ada sejak 2016.

“Kemudian pada 2017, program ini telah dicanangkan di delapan kecamatan di Bantaeng,” jelas dia.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Rini Riatika Djohari mengatakan, program kampung KB ini menyasar daerah yang padat penduduk. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas keluarga.

“Maka dari itu Saya mengajak seluruh SKPD bersama-sama memberdayakan dan membuat kampung KB di wilayah masing-masing,” kata dia.

Bupati Bantaeng, Dr. Ilham Syah Azikin mengatakan, persoalan pengendalian kependudukan adalah tanggung jawab semua sektor. Dia berharap semua pihak bisa terlibat. Bukan hanya BKKBN sendiri.

“Kita perlu menyadari bersama bahwa pendidikan kependudukan dan sejenisnya adalah program yang harus kita tempuh, karena masalah kependudukan adalah masalah perilaku, mental, sikap yang berawal terbentuknya dari individu dan kehidupan keluarga,” katanya.

Sejumlah pejabat hadir dalam kegiatan pencanangan kampung KB itu. Mereka di antaranya adalah Camat Gantarangkeke, Sahabuddin dan para pimpinan SKPD. Hadir pula Sri Dewiyanti Ilham yang merupakan Istri Bupati Bantaeng, Ilham Azikin.(*)


div>