KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Pemkab Lutim Kukuhkan Pengurus Ikatan Alumni Pesantren As’adiyah‎

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 18 April 2016 12:20

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Ikatan Alumni Pesantren As’adiyah Darunnajah Timampu kini resmi berdiri setelah seluruh pengurusnya dikukuhkan oleh Pemeritah daerah Kabupaten Luwu Timur, Minggu (17/4). Hadir dalam kesempatan pengukuhan terseut Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Lutim, HM Abrinsyah dan Ketua DPRD Kabupaten Luwu timur, Amran Syam.

Ikatan Alumni Pesantren As’adiyah Darunnajah, yang berada di desa Timamapu kecamatan Wasuponda, menjadi pengurus pertama yang terbentuk sejak berdirinya pesantren As’Adiyah Darunnajah pada 1983 silam di pesisir danau Towuti tersebut.

Semakin banyaknya alumni pesantren ini membuat para santri yang pernah mondok di tempat tersebut merasa perlu mendirikan satu wadah untuk tetap menjaga silaturrahmi antar alumni.

“Kita patut berterimakasih kepada para sesepuh dan pendahulu kita dipesantren ini, sebab merekalah yg berjasa sehingga kita semua dapat mengenyam bangku pendidikan ditengah kurangnya akses kedunia pendidikan kala itu,” kata wakil ketua Ikatan Alumni Pesantren As’Adiyah Darunnajah, Ilham MA.

Di hadapan Pemimpin Pesantren Darunnajah, Drs Marwan dan sejumlah pengurus pondok, Ilham juga mengajak seluruh alumni pesantren untuk bersama-sama memberikan kontribusi dan menjaga pesantren tersebut agar tetap eksis sebagai lembaga pendidikan yg konsisten melakukan syiar Islam yang berwawasan kebangsaan.

Pesantren As’Adiyah Darunnajah Towuti tak hanya fokus dengan pendidikan keagamaan, namun pesantren ini juga menerapkan kurikulum pendidikan nasional. Selain bisa melahirkan generasi bangsa yang religius dan berkarakter, pesantren ini juga menjadi lembaga pendidikan yang melahikan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berilmu.

“Lembaga pendidikan pesantren memiliki keistimewaan dibanding lembaga pendidikan lain, karena pesantren mampu membangun karakter orang-orang yang belajar didalamnya, tak sekedar melahirkan santri dengan intelektualitas semata tetapi juga santri yang berilmu pengetahuan dan berakhlaqul qarimah,” ungkap Asisten II Setdakab Lutim, HM Abrinsyah saat mengukuhkan Pengurus pertama Ikatan Alumni Pesantren As’Adiyah, Timampu.

Abrinsyah juga berharap agar Pondok pesantren ini tetap ada diwilayah ini sebagai penjaga tradisi dan kerukunan ummat. “Pesantren inilah yang akan membentengi warga di wilayah ini dari aliran dan faham radikalisme agama yang bisa saja masuk memecah-belah kita kapan saja,” pungkasnya.


div>