SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Pemkot Anggarkan Rp 55 Miliar Untuk Atasi Banjir

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 16 Maret 2018 10:30
Pemkot Anggarkan Rp 55 Miliar Untuk Atasi Banjir

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengunjungi sekaligus mencaritahu kebutuhan Warga yang terkena banjir belum lama ini. (ist)

*Bangun Drainase, Pemeliharaan hingga Rehabilitasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menganggarkan sedikitnya Rp 55 miliar untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di Makassar. Anggaran ini akan dibagi dalam tiga bagian yakni pemeliharaan rutin, rehabilitasi dan pembangunan drainase baru.

“Penganggaran 2018 untuk antisipasi banjir itu ada tiga bagian, yaitu pemeliharaan rutin dengan anggaran Rp 18 miliar, rehabilitasi drainase juga Rp 18 miliar dan pembangunan baru drainase senilai Rp 19 miliar, totalnya hampir Rp 50 miliar lebih,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Muh Anshar, Kamis (15/3) kemarin.

Ia menjelaskan, pemeliharan rutin yang dimaksud yaitu pengangkatan sedimen oleh Satuan Tugas (Satgas) Drainase. Kemudian kegiatan rehabilitasi yaitu memperbaiki saluran-saluran drainase yang rusak dan teerakhir kegiatan pembangunan baru.

“Tapi untuk pemeliharaan saluran yang kita fokuskan yakni satgas drainase kita, kita optimalkan ini. Kita tiap hari melakukan pengerukan, dengan adanya hujan yang lebat pasti kita lebih intens lagi,” cetus Muh Anshar.

Sementara itu, Kepala Bidang Drainase dan PSDA, Fuad Aziz mengatakan bahwa pihaknya intens melakukan penggerukan di titik rawan terjadi genangan pasca hujan. “Saat ini kita intens tiap hari kita lakukan penggerukan,” ucap Fuad Aziz.

Lanjut Fuad, untuk mempercepat aliran air di saluran ke kanal dan mengantisipasi air meluap, pihaknya bakal menambah dua pintu kanal tahun ini dengan anggaran sekira Rp 4 miliar yang bersumber pada APBD dan Bantuan Program Raise Asian Development Bank (ADB). (*)


div>