SENIN , 16 JULI 2018

Pemkot Anggarkan Rp3,85 Miliar

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Kamis , 05 April 2018 13:00
Pemkot Anggarkan Rp3,85 Miliar

kantor balaikota (ist)

* Untuk Pengadaan Buldoser di TPA Antang

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota Makassar telah mengalokasikan sekira Rp3,85 miliar untuk pengadaan buldoser. Alat berat itu bakal dioperasionalkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang.

Kepala Bagian (Kabag) Perlengkapan Setda Makassar, Haidil Adha mengungkapkan, TPA masih membutuhkan alat berat. Meski pun sudah ada beberapa alat berat yang beroperasi di TPA, termasuk excavator.

“Waktu komunikasi dengan KLH (Kementerian Lingkungan Hidup) TPA memang masih butuh alat berat. Volume sampah makin banyak. Kerjanya 24 jam,” ungkapnya, Rabu (4/4) kemarin.

Hanya saja, baru bisa kembali dianggarakan tahun ini dengan ukuran alat berat yang lebih besar. Pembelian terakhir, dialokasikan dua tahun lalu.

Haidil melanjutkan, dokumen lelang sudah disetor ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) dengan pagu Rp3,85 miliar. “Jumlahnya satu unit. Kita percepat karena sangat dibutuhkan,” kata dia.

Pembelian buldoser dinilai lebih efisien lantaran selama ini menggunakan alat sewa. “Kita adakan secara bertahap,” tutur Haidil.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Ligkungan, Andi Iskandar mengakui bahwa TPA Antang membutuhkan Alat Berat seperti buldozer untuk memudahkan pemerataan sampah yang tiap hari kian menumpuk.

“Iya kami butuh itu (buldozer) karena untuk alat berat yang lain seperi escavator sudah cukup, permintaan kita ini tahun lalu tapi insya Allah tahun ini sudah ada,” ucap Andi Iskandar.

Ia mengatakan, TPA Antang idealnya membutuhkan sampai 3 Buldozer. “Kalau untuk buldozer itu kita sudah memiliki 3, tapi sisa dua berfungsi makanya kita minta untuk diadakan agar membantu memadatkan dan mengatur ketinggian sampah,” jelas Andi Iskandar. (*)


div>