Pemkot dan PDAM Yogyakarta Berguru di Makassar

Dirut PDAM Makassar Haris Yasin Limpo (kanan) menerima Walikota Yogyakarta dalam kunjungan studi manajemen di Makassar, Jumat (11/7).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM — Ferforma positif PDAM Makassar mengundang kekaguman daerah luar. Pemda bersama PDAM Tirtamarta Yogyakarta melakukan studi khusus ke Makassar untuk belajar manajemen pengelolaan air bersih.

Kunjungan Walikota Yogyakarta Drs H Haryadi Suyuti bersama jajaran direksi PDAM Tirtamarta diterima langsung Direktur Utama PDAM Makassar Haris Yasin Limpo beserta direksi, Jumat (11/7).

Walikota Haryadi Suyuti mengungkapkan alasannya mengapa memilih PDAM Makassar sebagai daerah pembelajaran. Itu karena perusda yang mengelola air bersih untuk masyarakat ini teruji secara nasional mengalami kemajuan yang pesat.

Diantaranya PDAM Makassar sebagai perusda terbaik dalam segi kinerja pelayanan hingga menjadi perusda yang terus mengalami pertumbuhan laba meski sebelumnya sempat merugi.

“PDAM Makassar begitu familiar karena dalam beberapa even penghargaan regional ¬†dan nasional, PDAM Makassar merupakan¬† salah satu Perusda yang sehat,” ujar Walikota Yogyakarta.

“Kami datang ke sini ingin bertukar informasi tentang tata kelola perusahaan yang baik dan alangkah eloknya jika kita melakukan kerjasama baik itu di bidang Pelayanan, Pelatihan dan manajemen keuangan,” tambahnya.

Pemkot dan PDAM Yogyakarta berharap PDAM Makassar menjadi partner dalam menata manajemen pelayanan air bersih. “Bahkan kalau perlu ada pertukaran karyawan yang on job training dalam bentuk sister company,” imbuh Haryadi.

Dirut PDAM Makassar, Haris Yasin Limpo, mengapresiasi kunjungan Walikota Yogyakarta bersama rombongan. Ia memaparkan gambaran umum dan capaian yang telah dilalui oleh PDAM Makassar yang apabila dikatakan from zero to hero dari status PDAM yang selalu merugi dapat eksis menjadi Perusahaan yang sehat dan memperoleh laba serta dapat memberi kontribusi pendapatan kepada Pemerintah Kota Makassar.

Tak lupa juga mengajak Walikota Yogyakarta untuk berpartisipasi dalam acara IWWEF ke 7 yang akan diselenggarakan di bulan September 2017 nanti, karena merupakan ajang berkumpulnya Seluruh PDAM dalam dan luar negeri, pelaku industri Air Minum dan Para Pabrikan. (Das)