RABU , 15 AGUSTUS 2018

Pemkot Edukasi Masyarakat Lewat Sadar Lapor dan Sodarata’

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Senin , 16 Juli 2018 13:30
Pemkot Edukasi Masyarakat Lewat Sadar Lapor dan Sodarata’

kantor balaikota (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RAB) melaunching Gerakan Serempak Nasional Sadar Lapor di Anjungan City of Makassar Kota Makassar, Minggu (15/7) kemarin.

Analis Kebijakan Publik MenPAN RB RI, Suwardi, mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan, mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat bahwa pemerintah saat ini telah hadir lebih dekat.

Melalui sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional dengan aplikasi lapor.
“Setelah masyarakat mengenal Lapor, diharapkan juga memanfaatkan kanal ini untuk melakukan pengaduan,” ujarnya, dalam kegiatan yang sama, Sodarata’ juga turut disosialisasikan dalam acara pagi kemarin.

Sementara, Kabag Humas Pemkot Makassar, Firman Hamid Paggara, menambahkan, program Sodarata’ ini, lahir karena kebutuhan masyarakat untuk memberikan aduan masyarakat kepada pelayan publik yang ada di Kota Makassar.

Sejauh ini, program aduan yang sudah terlaksana setiap harinya melalui media cetak, media online, dan pengaduan langsung.

“Tujuan dari Sodarata’ untuk lebih meningkatkan pelayanan publik sebagai sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas,” ungkap Firman.

Selain itu masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan dengan melalui mobile apps SODARATA’ (Sombere’ Pengaduan Masyarakatta’), laporan yang masuk akan segera diteruskan dan ditindak lanjuti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Selain Kota Makassar, kegiatan sadar lapor ini juga telah disosialisasikan di beberapa kota, seperti Jakarta, Cirebon, Bandung, Palembang, dan Banjarmasin. (*)


div>