RABU , 14 NOVEMBER 2018

Pemkot Fokus Benahi TPA Antang

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 23 Februari 2018 10:30
Pemkot Fokus Benahi TPA Antang

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto bersama Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal meninjau lokasi TPA Tamangapa, Kecamatan Manggala, belum lama ini. foto: ist for rakyatsulsel.

* Syarat Raih Piala Adipira Kencana

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tak main-main memburu Piala Adipura Kencana. Untuk meraihnya, Pemkot Makassar bakal fokus melaukan penataan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Antang, Kecamatan Manggala.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal mengatakan, perbaikan dan penataan TPA Antang menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan Adipura. Sementara kondisi TPA sekarang belum memenuhi syarat yang telah ditentukan.

“P1 kemarin nilai Pemkot Makassar sudah bagus. TPA kita masih Semi Sanitasi Landfill dan menuju Bintang Lima dan itu kita mau keroyok lagi, itulah kita minta semua OPD agar ini benar-benar jalan,” jelas Daeng Ical, sapaan Syamsu Rizal, Kamis (22/2) kemarin.

Ia mengatakan bahwa P2 dalam penilaian Adipura ini menjadi perhatian Pemkot Makassar diantaranya soal TPA, Taman Kota, beberapa sekolah. Namun pihaknya ingin fokus di penataan TPA sambil membenahi syarat lainnya.

“Nanti setelah TPA, karena kita konsentrasi dulu dengan TPA karena TPA itu memerlukan sumber daya lebih. Kalau Taman kan tingal perbaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Aziz Hasan mengatakan tim penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup sudah turun ke beberapa daerah untuk melakukan P2.

“Kita (Pemkot Makassar) masih diberi kesemapatan untuk lebih mengintesifkan hal-hal yang perlu diperbaiki, mudah-mudahan akhir bulan mendapat giliran penilaian sehingga ada waktu untuk memperbaiki semuanya,” ungkap Aziz Hasan.

Ia mengatakan, Kota Makassar hingga hari ini sudah dikelola dengan baik. Hanya saja, hujan yang mengguyur Makassar dengan intensitas tinggi beberapa waktu lalu membuat TPA Antang tampak kurang terurus.

“Adipura ini bukan tanggung jawab satu OPD, tapi secara menyeluruh OPD karena masing-masing punya tanggung jawab disitu, jadi memang perlu dikeroyok,” kata Aziz Hasan.

Sekedar diketahui, Pemerintah Kota Makassar dibawah kepemimpinan Moh Ramdhan Pomanto telah meraih tiga piala Adipura kategori kota metropolitan diboyong setiap tahun hanya dalam tiga tahun memimpin Makassar.

Masing- masing Adipura Buana tahun 2015, Adipura Kirana 2016, dan kembali meraih Adipura Kirana tahun 2017.

Anugerah Adipura Kencana merupakan penghargaan Adipura tertinggi kepada kabupaten/kota yang memenuhi syarat sebagai kota yang berkelanjutan.

Kota yang dinominasikan anugerah Adipura Kencana ini diharapkan tidak hanya mampu menyelesaikan berbagai isu lingkungan hidup namun juga mampu terus berinovasi diantaranya di bidang pengelolaan sampah dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), pengendalian dampak perubahan iklim, pemanfaatan energi baru terbarukan, serta penurunan ketimpangan ekonomi dan sosial berbasis pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Kabupaten/kota yang dinominasikan meraih Anugerah Adipura Kencana ini juga harus telah meraih anugerah Adipura sebelumnya minimal tiga kali berturut-turut. (*)


div>